Siswa se Kota Pekalongan Ikuti KSN 2020

by
AKTIVITAS – Terlihat para siswa sedang mengerjakan soal dengan serius.

KOTA – Sebanyak 249 siswa SMA/MA se Kota Pekalongan mengikuti kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang diselenggarakan serentak di 35 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah.

Disampaikan Ketua MKKS SMA Kota Pekalongan selaku Ketua Panitia Yulianto Nurul Furqon MPd kepada Radar Pekalongan, Selasa (9/3/2020) di MAN 1 Pekalongan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dulu diberinama Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan diselenggarakan oleh Direktorat SMA, namun saat ini memiliki nama Kompetisi Sains Nasional (KSN) dan diselenggarakan langsung oleh Pusat Prestasi Nasional.

Ada 9 mata pelajaran (Mapel) yang dikompetisikan pada KSN, yaitu fisika, matematika, kimia,biologi,ekonomi, geografi, komputer, astronomi dan kebumian.

“Peserta yang mengikuti KSN saat ini adalah perwakilan dari hasil seleksi sekolah masing-masing, dan nantinya akan terpilih juara 1, 2 dan 3 per mapel yang akan masuk ke Provinsi mewakili Kota Pekalongan,” imbuhnya.
Yuli berharap, khusus untuk Kota Pekalongan bisa maju ketingkat Provinsi dan yang paling utama membuat anak-anak belajar berkompetisi dan bersaing secara sehat karena reward yang diberikan oleh Pemerintah cukup baik untuk para pemenang KSN.

Sementara itu, Kasie SMA Wilayah 13 Nuniek Mustikaningtyas Ruhtuweni MPd, menambahkan bahwa kegiatan ini tidak hanya berorientasi pada kejuaraan, akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan yaitu menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar.

“Memang benar, dalam KSN ini ada ajang kompetisi dan unjuk kemampuan, akan tetapi pada dasarnya kegiatan lomba tersebut merupakan ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir,” ucap Nuniek.

Ia berharap, kegiatan ini menjadi momentum yang tepat dan berharga bagi anak-anak untuk dapat berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri, dan belajar menghargai kekuatan lawan. (mal)