40 Sekolah Masih Numpang UNBK

by -
SIMULASI – Siswa SMPN 3 Batang saaat melaksanakan simulasi UNBK

BATANG – Sama di tahun 2019, 100 persen SMP/MTs di Batang sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Meski begitu beberapa sekolah masih harus menginduk ke sekolah lainnya, lantaran belum memiliki sarpras yang lengkap. Dari sekitar 110 SMP/MTs, ada 40 sekolah yang nantinya akan menumpang UNBK ke SMA/SMK terdekat.

“Alhamdulillah sedari tahun lalu sudah 100 persen menggunakan UNBK. Dan tahun ini tinggal 40 SMP/MTs sederajat yang menginduk ke sekolah lain yang. Jumlah ini pun sudah berkurang, karena di tahun 2019 lalu yang menginduk ada sekitar 69 sekolah,” jelas Kepala Disdikbud Batang, Achmad Taufik melalui Kabid Dikdas, Sabar Mulyono saat diwawancarai usai koordinasi UN, di Aula Kantor Bupati Batang, Rabu (11/3/2020).

Dijelaskan, tahun 2019 lalu dari 111 sekolah, ada 49 sekolah yang menggelar UNBK mandiri. Sementara sisanya sekitar 62 sekolah masih menumpang. Dengan bantuan sarpras dari berbagai pihak beberapa sekolah pun kini sudah bisa melaksanakan UNBK mandiri.

“Selain sarpras, jaringan, kami juga siapkan SDMnya lewat teknisi dan proktor. Kini pun sudah tahapan akhir karena tinggal sebulan lagi. Semoga kegiatannya lancar hingga hari H,” ujarnya.

Selain itu pihaknya juga mengimbau agar sekolah bisa terus melakukan pengamanan yang ketat. Lantaran untuk persiapan UNBK ini butuh berbagai alat. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak terkait, untuk mengamankan inventaris pelaksanaan UNBK.

“Menjaga keamanan sekolah tidak hanya menjelang UNBK saja. Tapi harus dilakukan setiap hari bahkan jauh sebelum UNBK. Ke depan semoga dengan pengawalan keamanan ini bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tandasnya. (nov)