Cegah Corona, Polisi dan Bhayangkari Diajari Cara Cuci Tangan pakai Sabun

by
CARA CUCI TANGAN – Anggota Polres Pekalongan Kota dan Bhayangkari diajari cara cuci tangan pakai sabun dengan benar untuk mencegah penularan penyakit, Rabu (11/3/2020). WAHYU HIDAYAT

KOTA – Dalam rangka meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, Polres Pekalongan Kota bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan mengadakan sosialisasi membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun dengan cara yang benar, Rabu (11/3/2020).

Kegiatan tersebut diikuti ratusan anggota Polres Pekalongan Kota bersama Bhayangkari, bertempat di halaman mapolres setempat.

Dalam kegiatan itu, dipraktikkan pula bagaimana cara cuci tangan yang benar oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Pekalongan, dr Indah Kurniawati, yang selanjutnya diikuti oleh anggota Polres maupun Bhayangkari yang hadir.

Dijelaskan dr Indah, mencuci tangan dengan sabun itu dilakukan dalam enam langkah. Intinya, yang pertama adalah basuh tangan menggunakan air mengalir sambil dikasih sabun, lalu bersihkan seluruh bagian tangan, baik itu telapak tangan, punggung telapak tangan, sela-sela jari, punggung, jempol, dan ujung jari. Cuci tangan ini dilakukan selama 60 detik, atau dua kali menyanyikan lagu Happy Birth Day.

Menurutnya, kebiasaan pola hidup bersih dan sehat salah satunya dengan mencuci tangan yang benar, ditambah dengan menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik, itu bisa mencegah berbagai macam penyakit, termasuk vorus corona (covid-19).

“Itu ampuh untuk mencegah masuknya kuman, termasuk mencegah corona. Juga dengan meningkatkan daya tahan tubuh, misal dengan vitamin C, istirahat yang cukup, minum multivitamin, olahraga teratur, dan makan makanan yang bergizi,” terangnya.

Penyakit-penyakit yang bisa dicegah dengan kebiasaan mencuci tangan yang benar, selain virus corona, juga mencegah diare, tipus, juga kuman-kuman yang penyebarannya melalui droplet atau percikan air ludah.

“Air ludah yang mana percikannya bisa menempel di semua benda dan di tangan kita kalau kita menyentuh benda tersebut, termasuk TBC Paru, itu bisa kita cegah dengan kebiasaan cuci tangan pakai sabun” ungkapnya.

Disampaikan pula tentang cara penggunaan masker yang benar dan kapan saat kita perlu menggunakan masker. “Masker dipakai untuk yang sakit agar tidak menulari yang lain. Yanf sehat tidak perlu pakai masker. Jadi masyarakat tidak perlu panik untuk memborong masker,” imbuh dr Indah. (way)