Dinkes Pantau TKA dan TKI dari Luar Negeri

by

*Selama 14 Hari

KOTA – Sebagai bentuk antisipasi adanya warga yang terjangkit vorus corona atau COVID-19, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan sudah melakukan pemantauan terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) maupun warga dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari luar negeri. Pemantauan terhadap para pendatang tersebut dilakukan selama 14 hari.

Kepala Dinas Kesehatan setempat, Slamet Budiyanto menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diterapkan sejak munculnya kasus COVID-19. “SOP nya memang seperti itu. Sebagai bentuk pencegahan kami lakukan pemeriksaan bagi para pendatang dari luar, baik TKA atau TKNI yang masuk ke sini,” tuturnya.

Pihaknya, lanjut Budi, mendapatkan informasi dari beberapa pihak terkait adanya warga pendatang yang masuk ke Kota Pekalongan mulai dari pihak imigrasi, pelabuhan, maupun pihak lain yang berkaitan dengan lalu lintas keluar masuk pendatang. Setelah itu, pihaknya kemudian meminta alamat yang bersangkutan.

“Kemudian kami datangi ke alamat masing-masing untuk lakukan surveillance selama 14 hari. Dari hasil pantauan selama yang sudah kami lakukan masih aman semuanya,” tambah dia.

Selain melakukan pengawasan, dikatakan Budi Dinkes juga selalu memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana untuk mencegah dan menghadapi virus corona. Dia menyatakan, penggunaan masker hanya diperuntukkan bagi warga yang sakit. Sedangkan untuk warga yang dalam kondisi sehat tidak perlu panik dan takut kemudian ikut menggunakan masker.(nul)