Fokus Perkuat Sentra Ekonomi Masyarakat

by
INDUSTRI KECIL – Salah satu industri kecil gypsum yang ada dikelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan.

YOSOREJO– Sebagai wilayah sentra industri kecil, Kelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, kini fokus melakukan pemberdayaan sentra ekonomi masyarakat, baik melalui pelatihan maupun sosialisasi pengembangan usaha.

Hal itu dilakukan mengingat Kelurahan Kuripan Yosorejo merupakan dua wilayah yang mata pencaharian masyarakatnya tidak hanya di sektor pertanian, buruh dan karyawan, melainkan ada perbengkelan dan pengusaha gypsum.

“Di Yosorejo, mata pencaharian masyarakatnya di samping petani, buruh, juga perajin gypsum. Kalau di Kuripan ada buruh, karyawan, dan ada perbengkelan. Termasuk bengkel mobil, jok,” ungkap Lurah Kuripan Yosorejo, Untung Siswanto, Rabu (4/3/2020), di kantornya.

Untuk pemerataan pemberdayaan, lanjut dia, maka dilakukan sosialisasi dan pelatihan kewirausahaan, agar semua sentra ekonomi yang potensial bisa dikembangkan.

“Melalui dana kelurahan, kita akan adakan sosialiasi kewirausahaan. Kita bahas tentang menajemen keuangannya, pengelolaannya, cara pemasarannya,” terang Untung.

Dijelaskan, Kelurahan Kuripan Yosorejo telah ditetapkan Pemkot Pekalongan sebagai kawasan industri kecil. Hal itu kian memotivasi pihak kelurahan untuk memperkuat sentra ekonomi masyarakat.

“Karena Pemkot sendiri memang fokus pengembangan kota ke wilayah selatan. Bahkan di Pasar Kuripan sendiri sudah ada lingkungan industri kecil,” ujarnya.

Untung pun mengapresiasi langkah Wali Kota yang telah menata lingkungan industri di Kuripan Yosorejo. Di sana telah dibuatkan kios-kios. “Meskipun menurut pelaku industri sendiri, tempatnya belum cukup memadai. Paling tidak, Pemkot sudah menunjukkan komitmen,” ucapnya.

Di masa kepemimpinanya, Untung berharap industri kecil di kelurahan Kuripan Yosorejo bisa diberdayakan, sehingga penghasilan masyarakat ikut membaik. “Harapannya, mereka bisa berkembang, pemasarannya jangan cuma di lingkugannya saja, tetapi bisa ke luar daerah atau luar kota,” pungkasnya. (ap3)