Pelajar Batang Ajak Masyarakat Lawan Corona dengan Hidup Sehat

by
CUCI TANGAN – Siswa Denasri Wetan 02 melakukan cuci tangan sebelum mulai kegiatan belajar mengajar. NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Pelajar SDN Denasri Wetan 02 Batang mengajak masyarakat untuk bersama melawan Virus Corona. Hal ini dilakukan dengan pembiasaan hidup sehat. Seperti yang dilakukan Rabu (4/3/2020), para siswa melakukan senam sehat dan cuci tangan dengan sabun.

Salah satu siswa, Putri Lailatul R menuturkan ia dan teman-temannya sempat panik setelah menonton berita di TV dan internet. Meski begitu mereka Sekar tidak khawatir lantaran sudah semakin membiasakan diri dengan rutin berolah raga dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Tau Corona dari TV, takut juga. Tapi kata bu guru tidak boleh panik. Jangan lupa untuk cuci tangan. Kalau mau istirahat dan sesudah istirahat jajan selalu cuci tangan. Di rumah juga jaga kebersihan. Dan kalau sakit batuk atau pilek segera periksa,” tutur siswa Kelas 4 ini.

Kepala SDN Denasri Wetan 02, Esti Yuni P SPd SD intensif menyerukan gerakan cuci tangan pada siswa serta menjaga kebersihan lingkungan sekolah mau pun di rumah. Hal itu tak lain untuk menangkal virus corona yang mulai masuk ke Indonesia.

“Sebelumnya memang ada ketakutan dari anak-anak ya mereka tahu dari siaran televisi tentang virus corona, nah di sini peran kami mengarahkan agar mereka tidak perlu khawatir yang penting hidup bersih,” tutur Esti.

Dikatakannya, sebelum isu virus corona mencuat sekokah sudah menerapkan selalu hidup bersih dan pada prinsipnya, ada atau tidak ada kasus seperti Virus Corona saat ini, antisipasi sejak dini harus terus dilakukan.

“Kami sudah biasakan dari dulu untuk selalu cuci tangan, tempat cuci tangan pun sudah tersedia. Untuk virus corona sendiri, kemarin kami beri arahan kepada anak-anak bahwa virus corona itu bisa ditangkal dengan hidup bersih, sehat dan menjaga lingkungan yang bersih yang otomatis harus mereka terapkan di rumah,” imbuhnya.

Gerakan cuci tangan itu pun disambut antusias siswa-siswi SDN Denasri Wetan 2, mereka pun terlihat sudah hafal gerakan cuci tangan yang baik dan benar. (Nov)