Dihajar Tanah Gerak, Tanah di Brengkolang Ambles 40 Cm

by
RETAK: Dinding dapur rumah warga di Desa Brengkolang, Kecamatan Kajen, retak dihajar tanah gerak. Hadi Waluyo.

KAJEN – Bencana tanah gerak menimpa Desa Brengkolang, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. Akibatnya, tiga rumah warga rusak, jalan, saluran irigasi, lapangan badminton, dan area persawahan di desa itu retak-retak dan ambles hingga 40 Cm.

Camat Kajen Agus Purwanto, dikonfirmasi Selasa (3/3/2020), mengatakan, bencana tanah gerak di Desa Brengkolang terjadi akibat hujan deras mengguyur wilayah itu selama hampir 10 jam, yakni dari pukul 11.00 WIB hingga 19.00 WIB pada akhir bulan lalu. Warga, lanjut dia, merasakan ada pergerakan tanah, khususnya warga yang tinggal di RT 3 RW 2, pada sore hari, sekitar pukul 17.00 WIB.

“Pada pukul 19.00 WIB ada gerakan lanjutan, sehingga mengakibatkan tanah di belakang rumah Pak Sulam mengalami ambles kurang lebih 40 Cm. Tanah ambles ini melintang ke utara hingga ke area persawahan dan mengakibatkan beberapa retakan,” terang dia.

Disebutkan, dampak bencana tanah gerak di desa itu mengakibatkan dapur rumah Karnadi retak, dapur dan kamar rumah Sulam retak, dan dapur rumah Sarjono retak.

Adapun fasilitas umum yang terdampak tanah gerak meliputi lapangan badminton, jalan desa, dan saluran drainase. “Area persawahan di desa ini juga kena dampaknya,” terang dia. (had)