Tumbuhkan Wirausaha Muda, Unikal Gelar Festival bisnis Plan

by
DENGAR – Para peserta mendengarkan sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi dalam pembukaan festival bisnis plan di Unikal.

KOTA – Dalam rangka menumbuhkan wirausaha muda dikalangan milenal, Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan (Unikal) menggelar festival bisnis plan yang diikuti oleh SMA/SMK sederajat di Kota Pekalongan dan sekitarnya.

Festival bisnis plan digelar di Gedung C Unikal, Sabtu (29/2/2020). Dekan Fakultas Ekonomi Choliq Sabana SE MSi menuturkan, kegiatan ini menjadi start up wirausahawan baru dikalangan para pelajar. Serta sekaligus menggugah kreativitas mahasiswa prodi manajemen.

“Jadi kegiatan ini sejalan dengan visi Fakultas Ekonomi, yaitu unggul dalam pengembangan kewirausahaan sehingg akan lahir wirausahawan baru yang mampu menopang kegiatan ekonomi di Kota Pekalongan pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya,” ungkap Choliq.



Selain itu, kegiatan ini pun menjadi salah satu wujud tanggung jawab Unikal dengan melihat kepedulian anak-anak milenal saat ini yang cenderun mencintai produk luar negri dibandingkan dalam negri. Sehingga kurs dolar terus merangkak naik.

“kegiatan semacam ini memberikan pengetahuan bagaimanamencintai dan menumbuhkan kewirausahaan di kalangan generasi milineal serta memberikan inspirasi untuk memulai usaha sejak dini,” jelasnya.

Adapun tujuan jangka pendek bagi para mahasiswa Unikal adalah mengajarkan kepada para mahasiswa untuk unggul dalam kewirausahaan. Sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan tersendiri.

“Kalau bagi Unikal sendiri tentunya kegiatan ini bisa menjadi promosi untuk bisa menarik minat siswa SMA bergabung dengan Unikal,” terang Choliq.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan Hero Herwindo menambahkan bahwa kegiatan festival bisnis plan ini diikuti oleh 7 peserta terbaik dari 11 peserta yang mengirimkan makalah. Dan hari ini ke 7 peserta akan memperebutkan juara 1, 2 dan 3 yang akan diumumkan langsung setelah acara selesai.

“Ke 7 peserta ini berasal dari SMK Muhammadiyah Pekalongan, SMKN 1 Sragi, SMK Muhamamdiyah Kajen, SMaA PGRI 2 Kajen dan SMA Islam Pekalongan,” terang Hero.Pihaknya berharap, kegiatan ini bisa mengembangkan jiwa wirausaha dan kreatif untuk generasi milineal. (mal)