Kwarran Batang Targetkan Maju ke Pesta Siaga Binwil

by
SEMATKAN – Yahnda Sutiksan saat menyematkan tanda peserta kepada salah satu anggota Pramuka dalam Pesta Siaga Kwarran Batang, Sabtu (29/2/2020). NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Sebanyak 67 SD/MI Se Kecamatan Batang mengikuti pesta siaga Kwarran Batang, Sabtu (29/2/2020). Kegiatan yang bertempat di Komplek SD Kasepuhan ini bertajuk Ramah Peduli dan Ceria. Dalam kesempatan ini Regu Putra SDN Kasepuhan 01 dan Regu Putri SDN Klidang Wetan berhasil menjadi yang tergiat.

Ketua Gerakan Pramuka Kwarran Batang, Purwoko berharap perwakilan Kwarran Batang bisa tampil dengan baik di Pesta Siaga tingkat Kwarcab Batang. Dan diharapkan tahun ini dapat mengirimkan perwakilannya ke Pesta Siaga tingkat Binwil Pekalongan.

“Kami berterima kasih kepada jajaran muspika dan segenap kepala SD/MI atas terselenggaranya kegiatan pesta siaga tahun 2020. Untuk barung tergiat putera dan barung tergiat putri akan kembali berlomba dalam Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Batang pada tanggal 7 Maret 2020 di Bawang. Dan semoga bisa maju ke tingkat binwil,” harapnya.

Dikatakan, Pesta Siaga sebagai ajang unjuk bakat bagi adik-adik siaga agar berani tampil dan penuh rasa percaya diri. Hal ini diwujudkan dengan adanya aneka taman dimana para peserta menujukkan kemampuan mereka.
Seperti taman Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, taman tanda pengenal seragam Pramuka, taman Scouting Skill, taman baris-berbaris, taman seni budaya, taman siaga hebat, taman ketangkasan dan taman bumbung kemanusiaan.

“Pesta Siaga adalah sebagai proses Pendidikan untuk melatih kemandirian, tanggungjawab, percaya diri, patriotisme, dan kepedulian terhadap sesama. Semua kegiatan tersebut bermuara pada penguatan pendidikan karakter,” imbuhnya.

Ketua panitia, Esti Yuni P menjelaskan, Pesta siaga tahun 2020 diikuti oleh 67 SD/MI. Masing-masing sekolah mengirimkan 1 barung putra dan 1 barung putri per SD/MI yang berjumlah 20 peserta didik. Sehingga jumlah peserta keseluruhan sekitar 1340 peserta didik.

Kegiatan Pesta Siaga ini juga diselipkan kegiatan kemanusiaan, berupa pemberian bantuan sembako. Bantuan ini diberikan kepada ibu-ibu jompo di sekitar lokasi pelaksanaan Pesta Siaga dan pemberian santunan kepada peserta yatim piatu. (Nov)