Didik Siswa Melalui Marketday

by
AKTIVITAS – Para siswa sedang melakukan aktivitas jual beli dengan warga sekolah.

KOTA – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Lukman Hakim Pekalongan melaksanakan kegiatan Market Day belum lama ini, di halaman sekolah setempat.

Kepala SDIT Lukman Hakim Pekalongan Fahmi Azhar, Selasa (25/2/2020) menuturkan, pembelajaran out door Market Day ini dilaksanakan setiap semester sekali untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan anak serta memberikan edukasi mengenai nilai mata uang.

“Peserta Market Day kelas 4 dan 5 yang menjadi penjual, sedangkan pembelinya adalah seluruh warga sekolah termasuk orang tua/wali murid,” jelas Azhar.

Dikatakan, dalam kegiatan Market Day tersebut panitia memberikan modal awal bagi para peserta untuk menyiapkan dagangannya. Dengan dipandu oleh wali kelas siswa merencanakan barang dagangannya yang akan dijual. “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membangun dan menumbuhkan jiwa entrepreneurship,” imbuhnya.

Selain itu, ada beberapa kemampuan atau ketrampilan yang dapat dibangun, seperti siswa dituntut bisa menghitung dan sekaligus bisa menawarkan dagangannya.

“Diharapkan selain menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa juga bisa jadi bekal kehidupan dimasa yang akan datang,” pungkas Azhar. (mal)