Sarung Batik Khas Pekalongan Makin Populer

by

*Dipromosikan dalam Acara Panggung Gembira Indosiar

PROMOSIKAN – Wali Kota HM Saelany Machfudz SE bersama Wakilnya H Afzan Arslan Djunaid SE mempromosikan potensi unggulan masyarakat Kota Pekalongan dalam acara Panggung Gembira Indosiar di Lapangan Jetayu.

KOTA – Pengunaan sarung batik yang menjadi budaya masyarakat Pekalongan kini makin populer di Indonesia. Hal itu setelah Wali Kota HM Saelany Machfudz SE memanfaatkan acara Panggung Gembira Indosiar di Lapangan Jetayu pada Sabtu (22/2/2020) hingga Minggu (23/2/2020) untuk mempromosikan potensi unggulan Pekalongan.

Dalam acara yang disiarkan secara live oleh stasiun TV nasional PT Indosiar Visual Mandiri, diharapkan makin mengenalkan Kota Pekalongan sebagai pelopor penggunaan sarung batik. “Makanya saya mengucapkan terima kasih kepada PT Indosiar Visual Mandiri yang telah menyelenggarakan acara panggung gembira Indosiar di Kota Pekalongan. Makanya saya hadir menggunakan sarung batik,” ucapnya.

Saelany Machfudz menyampaikan, sejatinya warga masyarakat Kota Pekalongan telah menggunakan sarung batik sudah turun temurun dari nenek moyang, baik untuk acara keagamaan maupun sosial budaya. Karena itu, sejak diamanahi menjadi Wali Kota, Saelany tergerak untuk membangkitkan kembali budaya masa lalu menjadi seragam resmi bagi ASN Pemkot Pekalongan. “Saya ingin lestarikan budaya memakai sarung batik di masyarakat Pekalongan,” tegasnya.

Dampak dari kebijakanya, sambung Wali Kota, roda perekonomian masyarakat berputar, karena para pengrajin batik kewalahan melayani permintaan order. Mengingat permintaan sarung batik menjadi meningkat. “Dengan penggunaan sarung batik ini, Alhamdulillah mampu menggairahkan usaha perbatikan di Kota Pekalongan. Warung warung makan menjadi ramai,” bebernya.



Selain mempromosikan sarung batik, Wali Kota juga mengenalkan potensi kuliner, craft, kesenian musik dan tari tradisional, dan potensi tempat wisata yang terus berkembang. “Alhamdulillah, ini kesempatan yang bagus untuk Kota Pekalongan, kita semua kedatangan salah satu acara TV Nasional bertajuk panggung gembira Indonesiar untuk memperkenalkan potensi yg ada di Kota batik ini, dari mulai batiknya, kita semua tadi memakai batik khas Pekalongan agar masyarakat luas lebih mengenal Kota Pekalongan,” ucap Wakil Wali Kota H Afzan Arslan Djunaid SE menambahkan.

Selain potensi batiknya, lanjut Aaf, Kota Pekalongan juga memiliki beragam kuliner khas yang khas dan sangat lezat diantaranya sego megono, pindang tetel, mi so dengkil, soto tauto, dan sebagainya.

“Kami juga tadi memperkenalkan ke artis-artis pengisi acara mengenai kuliner Kota Pekalongan, dan Alhamdulillah semua cocok dan bilang enak, semoga dengan acara ini Kota Pekalongan bisa lebih dikenal seluruh masyarakat Indonesia dan menjadi daya tarik wisata karena mulai Bulan Maret di Kota Pekalongan juga akan dibangun tempat wisata air terbesar yang dipusatkan di Obyek Wisata Pasir Kencana sehingga nantinya akan banyak turis domestik maupun mancanegara untuk datang berwisata ke Kota Pekalongan,” terang Aaf.

Orang nomer dua di Kota Pekalongan tersebut juga menjelaskan disamping memyuguhkan panggung hiburan, pada acara tersebut juga diisi dengan kegiatan sosial pemberian bantuan kepada warga terdampak bencana banjir Kota Pekalongan akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari lalu.

“Tadi sekaligus ada acara ceremony bakti sosial untuk korban banjir, kami turut prihatin dan mendoakan pada korban banjir yg masih ada di pengungsian, semoga mereka semua tetap diberikan semangat segala dan Insya Allah kebutuhan logistik Pemerintah Kota Pekalongan selalu siap hadir dan membantu warganya yang mengalami musibah,” tutur Aaf.

Dalam pantauan di lapangan, acara panggung gembira tersebut menghadirkan sejumlah artis-artis dangdut ternama seperti Rita Sugiarto, Fitri Carlina, Jeanita Janet, Tasya Rosmala, Dimas Tedjo, Aulia DA, Irwan DA, Susi BP dan artis lainnya, dipandu oleh host kondang Indra Bekti, Chika Jesica, Jirayut, dan Rara LIDA. Penampilan artis ibukota tampil memukau dihadapan ribuan masyarakat Kota Pekalongan yang antusias menyaksikan pergelaran tersebut.

Jajaran Pemerintah Kota Pekalongan juga turut hadir dalam acara tersebut yakni Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE, Wakil Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE, Ketua DPRD Kota Pekalongan Hj Balgies Diab SAg MM, Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Adrian Suez,SH,SIK,MH, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Arfan Johan Wihananto SIP MMS, masing-masing beserta istri, Sekda Hj Sri Ruminingsih SE MSi, para Kepala OPD dan segenap tamu undangan lainnya. (dur)