Sukses Ujian Sekolah, Siswa Khotaman Alquran dan Istighosah

by

*SMAN 4 Kendal

IKUTI – 442 siswa kelas XII SMKN 4 Kendal mengikuti khotmil qur’an, istighosah dan doa bersama dalam rangka sukses ujian nasional, ujian sekolah dan ujian kompetensi keahlian (UKK) tahun 2020.

KENDAL – Sebanyak 442 siswa kelas XII mengikuti khotmil quran, istighosah dan doa bersama dalam rangkar sukses ujian nasional, ujian sekolah dan ujian kompetensi keahlian (UKK) tahun 2020, yang digelar SMKN 4 Kendal, Jumat (21/2) di aula sekolahan setempat.

Kegiatan dipimpin oleh Pondok Pesantren Tahfidz Quran (PPTQ) Asyidi’qi Brangsong, KH Muhammad Irfan Al Hafidz. Acara juga ada pemberian penghargaan kepada siswa penghatam Alquran terbanyak. Momen itu juga digunakan untuk pelantikan pengurus Rohis periode 2019-2020.

Kepala SMKN 4 Kendal, Suharto, mengatakan secara keseluruhan berbagai ujian itu nantinya akan diikuti oleh sebanyak 444 siswa. Ada beberapa siswa berbeda agama sehingga untuk kegiatan keagamaan khotmil quran dan istighosah hanya diikuti 442 siswa. Pada kegiatan khotmil quran, setiap siswa membaca Alquraan 1 juz, sehingga ada 442 juz. Kemudian dari pengasuh pesantren KH Irfan Al Hafidz sebanyak 30 juz. Sehingga keseluruhan ada 472 juz.

“Jika dibagi 30 juz, seluruh siswa-siswi kelas XII telah menghatamkan sebanyak kurang lebih 16 Kali khatam Alquran,” katanya didampingi Ketua panitia Khotmil Quran dan Istighosah H Fahrur dan Waka Kurikulum Edy Siswanto.

Diungkapkan Suharto, bahwa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan dilaksanakan pada tanggal 16-19 Maret, mendatang dan Ujian Sekolah Berbasis Android (USB) tanggal 23-30 Maret serta Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) tanggal 6-18 April. Untuk itu, ada tiga beberapa hal yang dilakukan pihak sekolah. Seperti mempersiapkan siswa kelas XII untuk sukses UNBK, mulai dari kegiatan tambahan jam belajar berupa pemadatan materi pokok UNBK, simulasi-simulasi serta try out UNBK, USBA.

“Puncaknya kegiatan istighosah atau doa bersama ini. Sebagai wujud ikhtiar berserah diri, memohon doa restu dan ridho Allah SWT, bagaimanapun manusia hanya bisa berusaha,” ungkapnya.

Suharto menyatakan, melalui doa mengharapkan supaya segala usaha yang dilakukan tidaklah sia-sia. Segala usaha dapat mewujudkan tujuan bersama yaitu sukses UNBK 2020. Pihak sekolah mencanangkan minimal tiga sukses. Yakni sukses persiapan, pelaksanaan, dan hasil. Pihaknya juga memberikan himbauan kepada siswa kelas XII untuk bisa lebih fokus menghadapai UNBK. Yang tak kalah pentinya menjaga kondisi kesehatan.

“Jangan lupa minta doa restu kepada kedua orang tua. Memanfaatkan waktu dengan baik, tidak bepergian keluar yang tidak penting. Matikan dan jauhkan HP dan TV di waktu jam 18-21,” terangnya.

Ditambahkan Suharto, bahwa jika sudah selesai UNBK, maka jalinan silaturahmi dengan SMKN 4 Kendal harus tetap terjaga. Mengingat silaturahmi itu dapat dapat sebagai ajang komunikasi dan informasi. Jadikan rumah bagi alumni-alumninya, khususnya kelas XII tahun pelajaran 2019/2020. “SMK masih tetap terbuka kepada alumninya berbagi informasi dan pencarian kerja,” pungkasnya. (lid)