Sabar, Hasil SKD masih Tunggu Pengumuman BKN

oleh -

*Panselnas masih memproses Pemeringkatan

MEMANTAU – Bupati Batang, Wihaji didampingi Kepala BKD dan pejabat lainnya saat memantau proses pelaksanaan tes SKD CPNS 2019 yang dilaksanakan di Udinus Semarang, pekan lalu.

BATANG – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Batang menyatakan belum mengetahui hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk para peserta CPNS 2019. Pasalnya, hasil tes tersebut tetap harus menunggu pengumuman dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Ujian SKD terdiri dari tiga sub-tes yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Ketiga sub-tes ini mempunyai nilai ambang batas atau passing grade masing-masing.

“Kita sudah melewati tahapan ujian SKD selama dua hari kemarin. Namun hasil kelulusan ujian SKD tersebut belum bisa kita ketahui. Karena saat ini masih dalam proses pemeringkatan oleh panitia seleksi nasional (Panselnas). Jadi kita masih menunggu pengumumannya dari BKN,” ujar Kepala BKD Kabupaten Batang, Supardi, Kamis (20/02/2020).

Sebagai informasi, untuk bisa lulus passing grade (PG) SKD, seorang pelamar harus memenuhi ambang batas nilai yang telah diatur dalam Peraturan Menteri PAN-RB nomor 24 tahun 2019.

Adapun PG SKD CPNS 2019 adalah TWK 65, TIU 80, dan TKP 126 untuk formasi umum. Namun, bukan berarti peserta SKD CPNS yang memenuhi PG bisa melaju ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Hal itu dikarenakan seluruh peserta yang lolos PG akan dilakukan pemeringkatan oleh Panselnas, dengan mengambil nilai tertinggi pelamar.

Seperti diketahui sebelumnya, sesuai penetapan formasi oleh Kemenpan RB, Kabupaten Batang tahun 2019 mendapatkan jatah 244 Formasi CPNS.

Dari jumlah itu, sedikitnya ada 4.721 pelamar yang mendaftar CPNS di Kabupaten Batang. Namun setelah dilakukan seleksi administrasi, hanya 4.160 peserta yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti SKD. “Tapi saat pelaksanaan SKD, 280 peserta tidak hadir, sehingga otomatis gugur,” pungkas Supardi. (fel)