DPRD Kabupaten Pekalongan Ingatkan OPD untuk Segera Lelang Proyek

by
RUSAK PARAH – Ruas jalan Windureo-Lambur rusak parah. Rencananya tahun ini ruas jalan tersebut akan dibangun.

Untuk Segera Lelang Proyek Pembangunan Fisik

Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan mengingatkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Pekalongan untuk segera melakukan lelang proyek pembangunan fisik di jajaran masing-masing. Dengan begitu bisa mempercepat pembangunan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Demikian ditegaskan pimpinan Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan, Catur Andriansah, Minggu (16/2/2020). Kata dia, memasuki pertengahan bulan Februari ini seharusnya OPD sudah melakukan lelang proyek pembangunan fisik. Sehingga pembangunan yang sudah direncanakan bisa dirasakan secepatnya oleh masyarakat.

“Sekarang ini sudah masuk pertengahan Februari. Seharusnya lelang proyek pembangunan fisik harus sudah ada yang dilelang. Tapi ternyata hingga kini masih sedikit sekali kegiatan fisik yang dilelang,” kata anggota DPRD Dapil II Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Ditegaskan
Catur, mestinya lelang pembangunan fisik dilakukan pada awal tahun. Sehingga proses lelang yang cepat akan membantu proses penyerapan anggaran yang ada di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan
.

“Kalau bisa dilakukan di awal kenapa harus nanti-nanti. Jadi, kami minta kepada OPD untuk segera melakukan proses lelang pembangunan fisik yang ada di intansi masing-masing,” jelasnya.

Diterangkan Catur, dengan dilaksanakan di awal tahun, maka proses pelaksanaan pembangunan fisik akan berjalan maksimal. Berbeda halnya jika pembangunan fisik dilaksanakan pada akhir tahun, pembangunan akan tergesa-gesa dan dikhawatirkan hasilnya tidak maksimal.

“Jangan sampai terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Kita berharap di tahun 2020 ini, pelaksanaan lelang sudah dilakukan awal tahun sehingga proyek yang dianggarkan dari uang negara ini berjalan sesuai yang diharapkan,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh anggota Komisi C yang lain, Mohamad nasron. Kata dia, dari pemantauan di ULP, kegiatan yang dilelang baru beberapa dari sekian banyak proyek. Artinya, OPD masih belum melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

“Jangan menunda-nunda, kalau memang sudah siap untuk ditayangkan dan dilelang, yang segera,” tandasnya. Anggota DPRD Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil I ini menilai OPD di Pemkab Pekalongan harus belajar ke daerah yang lain. Karena, OPD di daerah lain, khususnya di Provinsi Jawa Tengah sangat cepat.

“Jadi menurut saya memang pelaksaan lelang seharusnya dilakukan awal tahun seperti Provinsi. OPD terkait harus belajar pada provinsi, kalau Provinsi bisa lelang di Awal Tahun kenapa Kabupaten kok ndak bisa,” pungkasnya. (wid)