Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Gandeng Lembaga Pendidikan

by
GANDENG – Bawaslu Batang menggandeng lembaga pendidikan di Batang untuk turut serta mensukseskan pengawasan partisipatif.

BATANG – Bawaslu Batang menggandeng lembaga pendidikan guna mensukseskan pengawasan partisipatif. Seperti Jumat (14/2/2020) kemarin di Hotel Dewi Ratih Batang, Bawaslu menggandeng Dinas Pendidikan Jateng Cabang 13, Disdikbud Batang, dan Kantor Kemenag Batang.

Dalam kesempatan itu, Bawaslu menandatangani MoU kerja sama dengan ketiga lembaga tersebut. Kerja sama ini diharapkan dapat mensukseskan pengawasan partisipatif Pemilu, baik dari pelajar, guru ataupun lembaga tersebut.

“Kami yakin orang-orang yang ada dalam lembaga pendidikan ini memiliki sikap kritis, yang dibutuhkan untuk mengawal Pemilu ke depan. Meski di Batang pilkada serentak masih lama, kami harap kerja sama ini bisa menjadi awal untuk menumbuhkan semangat pengawasan mewujudkan pemilu yang bermartabat,” terang Ketua Bawaslu Batang, Achmad Soeharto didampingi Kordiv Humas dan Hubal Bawaslu Batang, Mahbrur.

Selain penandatanganan MoU, digelar juga sosialisasi kepengawasan. Kegiatan diikuti 100 kepala sekolah dan pendidik dari masing-masing lembaga pendidikan SMA/SMK sederajat, dan juga PKBM sederajat.

Kepala Dinas Pendidikan Jateng Cabang 13, Sunarto SPd MPd, turut mengapresiasi kerja sama ini. Pihaknya juga akan berusaha mendukung kesuksesan pengawasan partisipatif dengan melibatkan SMA dan SMK yang ada di Batang.

“Semoga nantinya sosialisasi pengawasan partisipatif ini juga bisa disebarkan oleh peserta ke sekolah masing-masing. Sehingga nantinya anak didik pun bisa dibekali edukasi terkait pengawasan partisipatif, demi mengawal pemilu ke depan,” tandasnya. (nov).