Peduli Lingkungan, Masuk Adiwiyata Provinsi

by

*SMP Islam Pekalongan

BERSIH – Siswa-siswi SMP Islam Pekalongan sedang melakukan bersih-bersih taman.

KOTA – SMP Islam Pekalongan menjadi salah satu sekolah yang terpilih mengikuti program sekolah adiwiyata tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Pemprov Jawa Tengah. Hal ini merupakan bentuk apresiasi bagi SMP Islam Pekalongan karena menjadi sekolah yang peduli lingkungan.

Demikian disampaikan Wakil Ketua program Adiwiyata SMP Islam Pekalongan, Martini kepada Radar Pekalongan, Minggu (8/2/2020).
Ia menjelaskan, bahwa program adwiyata ini adalah program yang sejalan dengan program-program SMP Islam Pekalongan mengenai kepedulian terhada lingkungan. Sehingga sedikit banyak persiapan sudah maksimal karena bukan sebuah hal yang baru.

Berbicra soal persiapan, ia menuturkan saat ini sedang menyiapkan administrasi sesuai arahan DLH Kota Pekalongan serta sarana prasarana sebagai sarana pembelajaran untuk mendidik siswa berkarakter mencintai lingkungan hidup dimana ia tinggal.

“Kalau mendapatkan penghargaan, itu merupakan bonus bagi SMP Islam Pekalongan namun bukan itu tujuan sesungguhnya,” ungkap Martini.

Sejauh ini, SMP Islam Pekalongan menerapkan program peduli lingkungan dengan target agar para siswa terbiasa peduli terhadap lingkungan di mana ia berada, membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah baik organik maupun anorganik, mengurangi sampah plastik semaksimal mungkin, hidup sehat dg mengkonsumsi makanan minuman sehat serta sekolah mengharuskan anak-anak membawa gelas minum dari rumah.

“Ini merupakan upaya kita untuk menjaga lingkungan, sehingga keindahan bumi bisa dinikmati anak-cucu kita kelak,” jelasnya. (mal)