Hidupkan Budaya Gotong-Royong Lewat Kerja Bakti

by
GOTONG ROYONG – Jalan Selat Selayar, RW 10, Kelurahan Panjang Wetan, menggelar kegiatan kerja bakti sebagai upaya kembali menghidupkan budaya gotong royong masyarakat.

KOTA – Kegiatan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan, dijadikan momentum untuk menghidupkan kembali budaya gotong royong masyarakat. Seperti yang dilakukan di Jalan Selat Selayar, RW 10, Kelurahan Panjang Wetan, kemarin. Kerja bakti dilakukan masyarakat sekitar bersama perwakilan Forkopimda.

Turut serta hadir Walikota Pekalongan, M Saelany Machfudz, dan jajaran pejabat Pemkot Pekalongan, TNI/POLRI, jajaran pejabat kecamatan, kelurahan, dan Karang Taruna Panjang wetan.

Lurah Panjang Wetan, Kartoyo menyampaikan bahwa kerja bakti di lingkungan RW 10 ini merupakan yang pertama kali di awal tahun 2020 sebagai upaya kembali menghidupkan budaya gotong-royong.

“Selain membersihkan lingkungan, kami saling bahu membahu memotong ranting yang mengganggu jalan, dan membersihkan saluran-saluran drainase untuk mencegah banjir dan mengatasi kekumuhan lingkungan disini,” tutur Kartoyo.

Disampaikan Kartoyo, kerja bakti ini juga sebagai ajang silaturahmi antara jajaran Pemerintah Kota Pekalongan dengan warga setempat. Kartoyo berharap kegiatan baik ini bisa dilanjutkan secara rutin paling tidak dua minggu sekali.

“Kami ingin membangun kelurahan bersama seluruh elemen masyarakat dengan didukung dikucurkannya dana kelurahan yang tahun ini semakin meningkat dapat memberikan peningkatan pembangunan di kelurahan kami yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar,” terang Kartoyo.

Walikota Pekalongan, M Saelany Machfudz, mengapresiasi terselenggaranya kegiatan kerja bakti yang diinisiasi warga setempat. “Atas nama Pemerintah Kota Pekalongan, kami sangat mengapresiasi ternyata warga disini merespon imbauan dari Pemkot untuk bersih-bersih sebagai upaya meningkatkan kerja sama dan gotong-royong terutama mengatasi sampah yang saat ini menjadi perhatian bersama. Melalui kerja bakti ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan peduli terhadap lingkungan serta memberikan motivasi RW dan kelurahan lainnya untuk melakukan hal yang sama,” jelas Selany.

Pada kesempatan baik tersebut, disamping menyempatkan berdialog dengan warga setempat, Saelany juga menyampaikan berbagai rencana pembangunan dan harapan Kota Pekalongan ke depan.(nul)