SMP Muh Pekajangan Semakin Melejitkan Prestasi

by -

**Di Milad Ke 73

PEMBUKAAN – Pembukaan acara resepsi Milad SMP Muhammadiyah Pekajangan ke 73, Kamis (23/01).

KEDUNGWUNI – Dalam rangka memperingati Milad ke 73, SMP Muhammadiyah Pekajangan menggelar serangkaian kegiatan yang berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 22 hingga 23 Januari 2020. Beragam agenda lomba digelar guna menyemarakkan ulang tahun ke 73 ini, diantaranya adalah Lomba Digital Quiz, Lomba Solo Song, Lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), serta Lomba Futsal yang diikuti 22 SD/MI di Kabupaten Pekalongan.

Tak hanya itu, acara juga dimeriahkan dengan kegiatan Bazar Jajan Gratis serta Quiz Bahasa Jepang yang diampu oleh Rubiyanto, selaku Guru Bahasa Jepang SMP Muhammadiyah Pekajangan.

Ketua Panitia Milad ke 73, Sulaiman, menyampaikan, pada awalnya kegiatan Milad akan dilaksanakan November 2019, namun puncak kegiatan diundur hingga digelar pada Januari 2020. “Hal tersebut dikarenakan berbenturan dengan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Gebyar Muktamar Muhammadiyah ke-48,” tuturnya.

Pada 22 Januari 2020, pihaknya melaksanakan Lomba Digital Quiz yang belum pernah ada di Kabupaten dan Kota Pekalongan. Dalam pelaksanaannya, para peserta menggunakan android pribadi untuk menjawab pertanyaan yang telah disediakan. “Dengan ketepatan dan kecepatan menjawab, itulah yang menang,” imbuh dia.

Sementara lomba yang paling seru dan ramai adalah Turnamen Futsal yang diikuti oleh 22 tim SD/MI yang dilaksanakan di komplek Hizbul Wathan (HW) Sport Center, Pekajangan. Acara Puncak Milad dilaksanakan Kamis (23/01) berupa kegiatan Resepsi Milad, Bazar Jajan Gratis serta penyerahan hadiah lomba bagi para pemenang.

Kepala SMP Muhammadiyah Pekajangan, Akhmad Rizano dalam sambutannya menuturkan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan mulai dari Dikdasmen PDM Kabupaten Pekalongan, Dikdasmen PCM Pekajangan, Pimpinan PCM Pekajangan, Pimpinan Aisyiyah Pekajangan, Komite Sekolah juga para Sponsor. Selain itu turut hadir pula para tamu undangan yakni Kepala SD/MI, guru pendamping dan anak anak SD/MI yang berjumlah sekitar 700 peserta.

Selama menempuh usia ke 73 ini, pihaknya juga telah memiliki bebebrapa unggulan diantaranya adalah kelas-kelas peminatan. “Untuk kelas peminatan ini sepertinya belum ada di sekolah mana pun di Kota ataupun Kabupaten Pekalongan, sehingga ini menjadi salah satu unggulan dari sekolah kami,” ungkap Pak Riza, sapaannya.

Selain itu, sepanjang tahun 2019 hingga awal tahun 2020 para siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan juga cukup banyak mencatatkan torehan prestasi. “Alhamdulillah selama 2019-2020, sudah ada 36 piala baik di Tingkat Jawa Tengah, eks Karesidenan Pekalongan, maupun Kabupaten/Kota Pekalongan. Kebetulan prestasi yang paling banyak diraih adalah dari cabang panahan sebanyak 16 medali,” terangnya.

Gelaran Puncak Milad ke 73 ini secara resmi dibuka oleh Ketua Majelis Dikdasmen PCM Pekajangan, H. Irzal Fadholi SThI, MPd, MPdI. Dalam sambutannya, ia juga meberikan dukungan penuh untuk kemajuan SMP Muhammadiyah Pekajangan. Pihaknya juga memberikan beasiswa secara pribadi bagi para pemenang lomba yang akan masuk ke Spemka, demikian sebutan SMP Muhammadiyah Pekajangan. “Saya dukung penuh dengan pikiran, support moral dan juga finansial demi kemajuan pendidikan Pekajangan,” pungkasnya. (yak/adv)