Tren Kunjungan Pariwisata Terus Meningkat

by
PENUHI TARGET – Sebagai obyek wisata yang dikelola pemerintah daerah, Pantai Sigandu diharapkan menjadi salah satu pendongkrak angka kunjungan wisata di Kabupaten Batang.

BATANG – Perkembangan aktivitas pariwisata di Kabupaten Batang menunjukkan progres yang menjanjikan. Bahkan, tren kunjungannya dari tahun ke tahun terus menunjukkan peningkatan signifikan.

Tahun 2017, angka kunjungan wisata di Kabupaten Batang tercatat hanya 300 ribuan saja. Di tahun 2018, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) setempat menaikkan targetnya menjadi 450 ribu pengunjung. Hasilnya pun tidak hanya tercapai, tetapi bahkan jauh melampaui target.

“Sesuai data kami, realisasi angka kunjungan wisata di tahun 2018 mencapai 612.440. Tingkat capaiannya menembus 136 persen dari target yang ditetapkan,” ungkap Kepala Disparpora Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santoso, Kamis (23/1).



Berikutnya, di tahun 2019 targetnya sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2017-2022 ditetapkan 590.000 pengunjung. Namun, Bupati Batang, Wihaji, justru meminta Disparpora mampu merealisasikan angka kunjungan wisata di tahun kemarin sebesar 1 juta pengunjung.

“Dan alhamdulillah, target 2019 juga berhasil terpenuhi dan bahkan terlampaui, baik sesuai target RPJMD maupun Pak Bupati. Karena realisasi kunjungannya menembus angka 1.445.957. Artinya, capaiannya dari target RPJMD mencapai 245 persen, sementara mengacu target Pak Bupati tercapai 145 persen sekian,” jelas Wahyu.

Sementara jika dibandingkan dengan realisasi kunjungan wisata tahun 2018, peningkatannya mencapai 238 %. Menurut Wahyu, angka kunjungan 1,4 juta lebih itu berasal dari sekitar 37 tujuh tempat wisata yang ada di Kabupaten Batang, baik yang dikelola pemerintah daerah, masyarakat/swasta, maupun yang skema kerjasama.

“Untuk tahun ini, sesuai RPJMD, target kunjungan wisata sebesar 600 ribu pengunjung. Kami belum tahu, mungkin nanti Pak Bupati punya target khusus yang harus kita capai di 2020 ini. Tetapi secara umum, tren kunjungan wisata di Kabupaten Batang memang terus menunjukkan peningkatan. Mudah-mudahan capaian ini bisa terus kita jaga, apalagi kita ada tahun kunjungan wisata di 2022,” jelas Wahyu mengakhiri. (sef)