Radar Kajen

2 Kecamatan Dilanda Longsor

Longsor

RUSAK – Sebanyak 14 unit rumah di Kecamatan Kandangserang dan Paninggaran rusak akibat tertimpa reruntuhan longsor.
MUHAMMAD HADIYAN

Kerugian Capai Rp446Juta

Kejadian longsor di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kandangserang dan Paninggaran menyisakan kerusakan puluhan rumah. Kerugian akibat longsor ditaksir mencapai Rp446juta.

Jumlah tersebut meliputi kerusakan 14 unit rumah di Dusun Karisan, Desa Gembong, dan Desa Bodas, Kecamatan Kandangserang, serta kerusakan rumah di Dusun Sibrungkut, Desa/Kecamatan Paninggaran.

Kepala BPBD Kabupaten Pekalongan Bambang Sujatmiko mengungkapkan, bencana longsor ini terjadi pada Hari Kamis, 21 Desesember 2017, tepatnya pukul 20.00 WIB, di Wilayah Kecamatan Kandangserang & Kecamatan Paninggaran. Awalnya, didahului hujan dengan intensitas tinggi pada malam hari, sejak pukul 11.10 sampai 21.00 WIB.

“Hujan ini berdampak terjadi tanah gerak dan tebing longsor. Material longsor menimpa beberapa rumah penduduk. Tidak ada korban jiwa, namun menimbilkan kerusakan rumah serta lahan pertanian sawah,” ujar Bambang.

Kerusakan itu meliputi 5 unit rumah rusak berat di Dusun Karisan Desa Gembong, satu rumah rusak ringan di Dusun Karangnangka Gembong, dua rumah rusak sedang di Dusun Sigong Gembong, tiga rumah rusak berat dan tiga rumah rusak sedang di Desa Bodas Kandangserang. Kerugian akibat kejadian ini mencapai Rp 435 juta.

“Lahan sawah seluar 10 hektar juga rawan terdampak longsor. Di Dusun Karangnangka Desa Gembong, longsor juga menimbun jalan dengan panjang 150 meter.

Sementara di Kecamatan Paninggaran, tepatnya di Dusun Sibrungkut, Rt 2 Rw 5, telah terjadi longsor pada sebuah tebing setinggi 7 meter dalam waktu yang bersamaan. Tebing dengan lebar 15 meter itu menimpa rumah penduduk setempat. Hal ini membuat rumah milik Suryo (52), mengalami rusak berat dan kerugian ditaksir mencapai Rp 12 juta.

“Tidak ada korban jiwa. Namun di waktu yang sama, longsor juga terjadi di Desa Kaliboja, Kecamatan Paninggaran. Longsor di Kaliboja membuat sebuah rumah milik Dasrun (56), warga setempat, terancam roboh,” tandasnya.

Pasca kejadian longsor itu, pihak BPBD Kabupaten Pekalongan telah melakukan koordinasi dengan Plt Camat, Danramil, Kapolsek Kandangserang dan Paninggaran, kepala desa setempat, Relawan Satgas BPBD, Tagana, PMI, Relawan Kemanusiaan, OPD terkait untuk melakukan cek lokasi. “Kami juga melakukan assesment, dan menggerakkan masyarakat untuk kerja bakti bersama,” terang Bambang.

Menurutnya, lokasi bencana sulit dijangkau, namun semua pihak yang terlibat tetap semangat mengurai material dari rumah dan jalan. BPBD Kabupaten Pekalongan juga membantu longsistik.

Saat ini bantuan dukungan dana untuk perbaikan rumah masih diperlukan bagi masyarakat Kandangserang dan Paninggaran. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments