Wakapolda Jajal Medan Alas Karet Batang

by
PATROLI – Rombongan Off Road Polda Jateng saat akan menggelar Patroli kewilayahan di wilayah Hukum Polsek Gringsing. DOK. ISTIMEWA

BATANG – Kepolisian Daerah Jawa Tengah bersama Kepolisian Resor Batang menggelar Patroli kewilayahan di wilayah Hukum Polsek Gringsing dengan mengandeng komunitas Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI), Jum’at (17/1).

Kegiatan yang disisipi dengan olahraga Off Road ini menggunakan mobil 4×4 sebanyak 20 unit. Adapun rombongan mengambil rute dari area perkebunan PTPN IX Siluwok Subah, dan melintasi rimbunnya alas karet.

Acara yang dipimpin langsung oleh Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Ahmad Lutfi berangkat dari Semarang pukul 09.30 WIB. Tiba di perkebunan PTPN IX Siluwok Plelen, Kecamatan Gringsing pukul 10.30 Wib melalui jalan Pantura.

Sebelum berangkat melaksanakan patroli kewilayahan, Wakapolda Lutfi terlebih dulu melakukan dialogis dengan Manager PTPN IX Siluwok Plelen, Asep Sontani guna cipta kondisi kamtibmas.

Usai melaksanakan Sholat Jum’at, pukul 13.00 WIB Wakapolda didampingi Kapolres Batang, AKBP Abdul Waras beserta anggota Staf Polres Batang melakukan start dari halaman Rumah Dinas Manager PTPN IX Siluwok untuk melanjutkan patroli kewilayahan bersama komunitas TLCI menyusuri perkebunan karet  menuju ke situs purbakala Bale Kambang.

Peserta melewati jalan tikus di perkebunan karet dengan medan cukup berat dan licin bekas hujan. Kemudian peserta singgah di tambak udang panami milik Haji Munawar di Desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing.

Sesampai dilokasi tambak, Wakapolda Lutfi berdialogis dengan Haji Munawar selaku tokoh Masyarakat Kecamatan Gringsing untuk memelihara situasi kamtibmas dan menjalin kemitraan.

Selanjutnya, rombongan menuju titik finish di Pantai Jodo. Jalur yang ditempuh sejauh 5 kilometer dengan waktu tempuh dua jam.

Di sela istirahat, Wakapolda Lutfi bercerita tentang medan yang baru saja dilalui. “Medan lumayan menantang, meskipun tidak terlalu extrim, tapi cukup membuat pikiran jadi fresh. Tujuan Off Road ini selain wisata juga Patroli kewilayahan,” ujarnya.

Kapolres Batang, AKBP Abdul Waras menambahkan, bahwa medan wilayah Batang cocok untuk olahraga Off Road, karena geografis yang mendukung dan memadai. Pegunungan berbatasan langsung dengan pantai, sehingga menjadi perpaduan yang unik dan menyenangkan.

Kapolsek Gringsing, AKP Deka D yang ikut serta dalam Patroli kewilayahan melaporkan kepada Wakapolda bahwa situasi kamtibmas wilayah hukum Polsek Gringsing dalam keadaan kondusif serta memasuki musim penghujan Polsek Gringsing akan waspada dan siap siaga membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan jika terjadi bencana alam. (fel)