Wabup Bagikan 350 Kardus Donat untuk Warga Binaan Rutan Rowobelang

by
Wabup Suyono membagikan donat untuk warga binaan Rutan Rowobelang. (Istimewa)

BATANG – Ada pemandangan yang menarik usai acara Serah Terima Jabatan Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Rowobelang Batang, Sabtu (18/1/2020). Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Batang, Suyono membagi-bagikan bingkisan kotak kardus yang berisikan Donat.

Sebanyak 350 kotak kardus yang berisikan donat ludes dibagikan para penghuni Rutan kelas IIB Rowobelang. Tak hanya warga binaan, Suyono juga memberikan roti untuk kepala Rutan yang baru.

“Saya selalu membawa roti untuk warga binaan disetiap moment kunjungan ke rutan, dan kali ini saya membawakan 350 roti sesuai dengan jumlah warganya,” ujar Wabup Suyono, usai disela-sela kegiatan.

Suyono mengungkapkan, roti yang dibagikan tersebut merupakan rejeki yang tidak seberapa. Hanya sekedar berbagi supaya para penghuni rutan dapat menikmatinya bersama-sama.

“Sesama manusia tentu harus saling menghargai, menghormati tak terkecuali dengan para warga binaan Rutan ini. Mungkin mereka kemarin melakukan khilaf atau memang dalam keadaan yang mengharuskan mereka melakukan kesalahan tersebut, sehingga harus berurusan dengan hukum,” jelas Suyono.

Warga binaan, lanjutnya, bisa juga menuntut ilmu agama di Rutan, karena disediakan kamar atau blok khusus untuk nyantri. Rutan kelas IIB memberikan contoh inovasi yang bisa ditiru oleh Lembaga pemasyarakatan lainnya.

“Harapannya selepas mereka nyantri, keluar dari lapas bisa hidup lebih baik dan mengabikan diri kepada masyarakat, agama, nusa dan bangsa serta dapat hidup berdampingan dengan masyarakat kembali,” harap Suyono.

Menurut Suyono Rutan Kelas IIB Rowobelang sudah bagus, tinggal menjaga dan berinovasi lagi. Tujuanya agar warga binaan bisa berkreasi untuk menghasilkan nilai ekonomi yang bisa diperjual belikan diluar lapas untuk menambah penghasilan. (don/hmb)