Tekan Pengangguran, OPD Diminta Kerja Keras

by
MENINGKAT – Di Rakor POK triwulan IV, Sekda Moh Toha sampaikan tingkat pengangguran terbuka tinggi.

KENDAL – Tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Kendal, tercatat cukup tinggi. Secara prosentase kenaikannya mencapai 0,6 persen, yakni dari tahun 2018 sebesar 5,4 persen menjadi 6 persen di tahun 2019. Oleh karena itu, semua OPD dan pihak terkait harus bersinergi untuk mengurangi pengangguran terbuka tersebut dengan memanfaatkan semua potensi yang ada.

“Potensinya itu adalah seperti UMKM, Balai Latihan Kerja (BLK), KIK yang nantinya dikenal dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, ” kata Sekda Kendal Moh Toha saat memberikan arahan kepada 150 an peserta Rakor Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakorpok) Triwulan IV tahun anggaran 2019 ,di ruang Rapat Abdi Praja Pemkab Kendal, Rabu (15/1).

“Kita harus kerja lebih keras lagi untuk mengurangi angka pengguran terbuka tersebut demi kesejahteraan warga Kabupaten Kendal,” tandasnya.

Dia meminta OPD segera memulai aktivitas dengan semangat dan optimisme. Harapannya, di Bulan Januari semua program dan kegiatan di OPD sudah mulai dikerjakan. Utamanya yang terkait dengan pihak ketiga harus segera diproses lelang supaya pekerjaan cepat selesai. “Paling tidak, awal Maret sudah mulai dikerjakan.Jangan ada penundaan pekerjaan yang memang sudah bisa dikerjakan,” tandasnya.

Dia juga berpesan agar pelaksanaan program kegiatan di setiap OPD harus sesuai arah kebijakan pembangunan tahunan daerah. Tahun 2020, dengan tagline “Kendal Berdaya Saing”, yang menitikberatkan pada investasi yang maju, tata kelola pemerintahan yang professional dan kondusifitas daerah yang baik.

“Dengan arah pembangunan tersebut, diharapkan seluruh perangkat daerah dapat lebih fokus, konsisten untuk mencapai target yang ditentukan sesuai arah kebijakan pembangunan daerah Kabupaten Kendal,” terangnya. (lid)