Sedekah Pagi, Biasakan Anak Suka Berinfak

by

*Pembangunan Masjid SDIT Lukman Hakim

RESMI – Peresmian launching program sedekah pagi bagi siswa.

KOTA – Masjid menjadi salah fasilitas vital yang setidaknya harus dimiliki oleh sekolah yang berbasis pendidikan Islam. Oleh karenanya SDIT Lukman Hakim melibatkan para siswa serta orang tua siswa untuk melakukan sedekah pagi dalam rangka pembangunan masjid sekolah serta membiasakan anak untuk berinfak.

Demikian disampaikan Kepala SDIT Lukman Hakim Azhar Fahmi kepada Radar Pekalongan di ruang kerjanya, Selasa (7/1). Ditambahkan, program tersebut baru dilaksanakan pada semester 2 dan dilaunching pada saat kegiatan akreditasi sekolah, sehingga belum ada evaluasi untuk perkembangan program tersebut.

“Jadi pelibatan ini bentuknya kita bagikan kencleng sedekah pagi kepada para siswa, nah mereka nantinya akan sedekah tiap pagi dan dikumpulkan di sekolah dua Minggu sekali setiap hari Jumat. Kalau untuk orang tua biasanya langsung berinfaq ke admin,” ujar Azhar.
Sejauh ini menurutnya respon wali siswa sangat baik dengan program sedekah pagi, rata-rata orang tua memang mengerti urgensi pembangunan masjid di lingkungan sekolah khususnya yang berbasis Islam.

“Karena masjid itu pusat peradaban ya, jadi banyak yang bisa dilakukan dimana. Kita bisa ajarkan adab-adab ditempat ibadah, melakukan ibadah, serta kegiatan-kegiatan lainnya. Terlebih sekolah kita kan berada dijalan raya jadi akan memudahkan orang yang bepergian untuk beribadah di masjid,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya program ini warga sekolah dan masyarakat bisa mengerti dan mengetahui program pembangunan masjid serta berperan aktif dalam pembangunanya, sehingga anak-anak bisa belajar dengan baik dan bisa melakukan hal yang lebih baik lagi. (mal)