Tanah Ambles Tanggul Kali Bodri Meluas

by

*Tanpa Penanganan, Bandang Mengancam

TINJAU LOKASI – BPBD Kendal dan DPUPR Kendal didampingi Kades Lanji meninjau tanah tanggul Kali Bodri yang ambales semakin parah, kemarin.

KENDAL –Tanah ambles di tanggul Kali Bodri yang berada di Dusun Pilang, Desa Lanji, Kecamatan Patebon, kondisinya bertambah parah. Tanah yang ambles meluas menjadi sekitar 75 meter dibanding sebelumnya yang hanya 17 meter dengan kedalaman antara satu meter hingga lima meter.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Sigit Sulistyo mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, menyebabkan tanah bantaran Sungai Bodri ambles.

“Semakin paraah ambles tanahnya. Panjang tanah yang ambles melebar dari 17 meter menjadi kurang lebih 75 meter,” katanya ketika meninjau lokasi, Kamis (2/1).

BPBD telah berkoordinasi dengan intansi terkait, karena tanah ambles di Sungai Bodri merupakan wilayah kerja dari Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Jateng.

“Kami segera koordinasi dengan instansi terkait untuk penanganannya. Jika tidak segera diperbaiki dan tanggung jebol, bisa menyebabkan banjir di sejumlah kecamatan,” terang Sigit.

Kepala DPUPR Kendal, Sugiyono mengatakan, hujan yang terjadi dalam dua hari terakhir, mengakibatkan tanah terus ambles. Menurutnya, ketika kondisi kering, tidak menjadi masalah. “Tapi, saat hujan, berat tanah bertambah, sehingga menimbulkan beban tinggi dan menyebabkan tanah ambles atau longsor,” ujarnya.

Jika tanggul Sungai Bodri sampai jebol, banjir bandang bisa mengancam sejumlah kecamatan, termasuk Kecamatan Kota Kendal. “Karena posisi Kecamatan Kota Kendal lebih rendah dibanding Kecamatan Patebon,” ucapnya.

Kades Lanji, Nur Faizun mengatakan, di balik tanggul Sungai Bodri terdapat puluhan rumah warga. Jika tidak secepatnya dilakukan penanganan, dirinya khawatir banjir bandang menerjang pemukiman warga. “Tentu warga khawatir, sebab jika hujan deras dengan waktu yang lama maka debit air kali Bodri bisa meningkat,” katanya. (lid)