Catat ini, Gunakan Knalpot Brong Bakal Ditilang

by

*Saat Perayaan Pergantian Tahun

CEK KENDARAAN – Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko tengah melakukan pengecekan kendaraan untuk pengamanan tahun baru.

KAJEN – Polres Pekalongan bakal memberikan sanksi tegas bagi pengendara sepeda motor yang merubah menggunakan knalpot racing atau brong saat perayaan malam pergantian tahun. Sebab selain bukan pabrikan atau tidak sesuai standar, suara juga mengganggu pengguna jalan lain.

Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko menegaskan, masyarakat yang hendak merayakan pergantian malam tahun baru dengan menggunakan kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda dua agar tidak merubah kenalpot dengan suara keras karena dapat mengganggu pengguna jalan lain dan masyarakat sekitar. “Apabila nanti di jalan mendapati knalpot suara keras petugas akan melakukan tindakan tegas dengan sanksi Tilang, ” tegasnya.

Bahkan tidak hanya ditilang saja, kendaraan juga bakal dikandangkan. Kendaraan boleh diambil ketika knalpot sudah diganti dengan aslinya.

Dalam kesempatan itu ia juga meminta seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Pekalongan yang akan merayakan malam tahun baru agar bisa menjaga keamanan dan ketertiban. “Mari kita nikmati dan rayakan malam tahun baru dalam kebersamaan, jangan buat kegaduhan, hindari mengkonsumsi miras dan narkoba serta tetap sopan dan santun di jalan,”ajaknya.

Sementara dalam pengamanan perayaan tahun baru, Polres Pekalongan menerjunkan sebanyak 319 personel. Untuk pengamanan akan difokuskan di tempat keramaian, termasuk tempat hiburan.

“Kita sudah menyiapkan personel pengamanan sebanyak 319, itu sudah di-backup dari Brimob Detasemen B Pelopor Kalibanger Pekalongan, TNI, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Pekalongan yang nantinya akan ditempatkan di lokasi-lokasi yang kita anggap rawan terjadi gangguan,” ujarnya.

Selain itu, Kapolres juga sudah memerintahkan langsung kepada para Kepala Satuan Wilayah dalam hal ini para Kapolsek untuk terjun langsung guna memantau perkembangan Kamtibmas di wilayahnya masing-masing. “Kepada seluruh Kapolsek jajaran Polres Pekalongan untuk proaktif terjun langsung ke lapangan untuk melihat langsung perkembangan situasi kamtibmas sehingga jika terjadi gangguan kamtibmas dapat langsung ditangani dalam waktu yang cepat,” tandas AKBP Aris.(Yon)