Server Eror, Tes Panwascam Molor 1 Jam

by
TERTUNDA – Pelaksanaan tes tertulis calon Panwascam sesi kedua sempat tertunda satu jam.

KENDAL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kendal menyelenggaran tes tertulis bagi calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di SMAN 1 Kendal, Jumat (13/12). Sayangnya, pada sesi kedua, server Bawaslu RI tak bisa diakses, sehingga pelaksanaan sempat molor satu jam.

Ketua Bawaslu Kendal, Odilia Amy Wardayani mengatakan, tes tertulis berbasis komputer itu diikuti 212 peserta. Dari jumlah tersebut, nantinya diambil 60 orang untuk dilantik menjadi panwascam. Tes tertulis dilaksanakan dua hari, Jumat-Sabtu (13-14/12), meliputi tiga sesi, di mana setiap sesi diikuti 36 peserta.



“Tes ini dilakukan serentak Bawaslu se- Indonesia yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah. Peserta dinyatakan gugur jika tidak datang sesuai dengan jadwal sesi yang diberikan,” katanya.

Menurut Odilia, pada sesi pertama, tes tertulis berjalan lancar. Namun, terjadi masalah pada sesi kedua, karena komputer tidak bisa mengakses server dari Bawaslu RI. Peserta tidak bisa login ke jaringan milik Bawaslu, sehingga tertunda sekitar satu jam.

Setelah tes tertulis berbasis komputer, dilanjutkan tes wawancara. Tes wawancara dilakukan selama empat hari, yakni pada tanggal 14-17 Desember 2019. “Jumlah pendaftar sebanyak 221, tetapi setelah seleksi berkas administrasi, yang dinyatakan lolos hanya 212 peserta,” ungkapnya. (lid)