Warga Resah, Hewan Buas Serang Hewan Ternak

by -

LEBAKBARANG – Kerusakan hutan menjadi salah satu sebab terputusnya ekosistem sebagai mata rantai kehidupan, salah satu contoh yaitu banyak hewan liar penghuni hutan yang berkeliaran mencari mangsa masuk ke pemukiman penduduk. Kondisi tersebut disebabkan habitat tempat mereka hidup dan berkembang biak rusak, serta mulai menyempit akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab dalam mengeksploitasi hutan sehingga menimbulkan kerusakan.

Akibatnya, sumber mata air mulai banyak yang mengering saat musim kemarau tiba, sehingga warga yang bermukim di tepi hutan mengalami kesulitan air untuk kebutuhan hidup. Selain itu, banyak hewan-hewan liar penghuni hutan yang keluar dari habitatnya masuk ke pemukiman penduduk, dan memangsa ternak dan hewan piaraan lainya, sehingga membuat warga menjadi resah dan ketakutan. Seperti yang terjadi di Desa Kapundutan dalam sepekan terakhir, 6 ekor kambing milik warga mati dengan meninggalkan luka di tubuh diduga akibat serangan hewan buas, Senin (9/12/2019).

Untuk menemukan titik terang tentang penyebab terjadinya kematian 6 kambing milik warga Desa Kapundutan tersebut, Bripka Syehun selaku Kanit Intelkam Polsek Lebakbarang turun langsung ke lapangan untuk menggali keterangan langsung dari para saksi. Diantaranya Warnoto yang kehilangan 3 ekor kambing, Retno kehilangan satu ekor kambing dan Sugeng kehilangan 2 ekor. Disamping itu, Bripka Syehun juga mencari dan mengumpulkan bukti- bukti penunjang lainya, dan di bantu warga berhasil menemukan jejak telapak kaki hewan buas yang di duga menyerang dan menerkam kambing milik warga.

“Kami warga desa Kapundutan mohon dengan sangat untuk di bantu mengatasi agar peristiwa ini tidak terulang kembali dan warga terbebas dari keresahan dan ketakutan,” pinta Sugeng salah satu warga yang yang kehilangan 2 ekor kambing.

Bripka Syehun diakhir dialognya berjanji akan menyampaikan hal tersebut secara detail ke pimpinan untuk di jadikan pijakan dalam mengambil langkah dan tindakan selanjutnya.