Serangan Tawon Vespa Belum Ada Obatnya, Pahami Penangananya

by
BERFOTO – Dinkes Batang, PSC Si Slamet dan Petugas Damkar Batang berfoto bersama pemateri seminar penanganan sengatan Tawon Vespa Affinis, dr Maharani.

Serangan Tawon Vespa Affinis di beberapa daerah di Indonesia menjadikan masyarakat was-was. Terlebih, sudah banyak korban yang berjatuhan bahkan hingga menyebabkan kematian. Oleh karenanya, Dinkes Batang menggelar Seminar dan Workshop Penangan Terkini Kegawatdaruratan Sengatan Tawon Vespa Affinis, Senin (9/12) di Hotel Sahid Mandarin Pekalongan. Seperti apa?

SEMINAR itu menjadi penting di tengah maraknya kasus sengatan Tawon Vespa Affinis yang berujung kematian. Apalagi, sekarang populasi tawon jenis ini semakin berkembang pesat lantaran mereka hidup di tempat yang kotor dan bersampah.

“Kami gelar seminar ini agar masyarakat dan tenaga medis dan kesehatan di Batang sekitarnya tahu bagaiamana cara penanganan serangan tawon ini. Karena di beberapa daerah sudah banyak kasus yang terjadi, dan sudah menimbulkan banyak korban,” ujar Kepala Dinkes Batang, dr Hidayah Basbeth, usai kegiatan.

Pemateri seminar, DR dr Tri Maharani MSi Sp EM menjelaskan, jika terjadi sengatan maka perlu diketahui sejauhmana fase sengatan tersebut, fase lokal atau fase sistemik. Fase lokal itu tandanya adanya bengkak, nyeri kemerahan. Jika masuk fase ini pertolongan pertama adalah dengan mengompres menggunakan es batu atau air dingin untuk mengurangi pembengkakan. Jika pembengkakan semakin besar dan menyebar maka perlu dibawa ke pusat kesehatan terdekat.

“Kalau ada pembekakan di puskesmas akan diberikan semacam analgesik, antihistamin dan obat lainnya. Tapi jika sudah ada pada fase sistemik maka dari perawat dan bidan akan melakukan tindakan lanjutan agar tidak sampai menimbulkan kematian,” jelasnya.

Menurutnya, masyarakat di Indonesia ini masih menganggap sengatan tawon adalah hal yang biasa. Mereka lebih mempercayai mistis ketimbang medis. Sehingga penanganan serangan tawon kadang terlambat karena masyarakat menganggap serangan tawon adalah hal biasa. Padahal hingga saat ini belum ada obat yang bisa mengobati serangan atau anti venom dari sengatan Vespa Affinis.

Menurutnya perlu adanya upaya preventif dengan tidak merusak dan segera mengevakuasi sarang tawon saat ukurannya masih kecil.Selain itu kebersihan lingkungan juga menjadi faktor penting supaya tawon jenis Vespa Affinis tidak berkembang biak dengan cepat. (nov)