Menyiapkan Agen Demokrasi, KPU Edukasi Siswa SD

by -
SOSIALISASI – KPU Batang memberikan sosialisasi pendidikan demokrasi kepada siswa SDN Tambakboyo 01 Reban, Jumat (6/12).

BATANG – KPU Batang mengedukasi pelajar SD/MI terkait pendidikan demokrasi. Hal itu dilakukan dalam kegiatan Temu Siswa Sosialisasi Pendidikan Pemilih bagi Pelajar. Salah satunya seperti yang ada di SDN Tambakboyo 01, Reban, Jumat (6/12).

Ketua KPU Batang, Nur Tofan menjelaskan, edukasi pemilih sejak dini itu diharapkan bisa membentuk generasi demokrasi sejak dini. Khususnya di kalangan pelajar SD/MI sederajat yang nantinya akan menjadi pemimpin masa depan.

“Kami berikan edukasi pemilih untuk lebih memahami apa itu demokrasi, pemilu, dan lainnya. Hal ini perlu kita siapkan sedari dini, agar mereka nantinya bisa menjadi agen demokrasi dan mampu berpartisipasi memajukan negara,” terang Tofan.

Dijelaskan, kegiatan temu siswa itu dilakukan di 11 SD/MI yang tersebar di Kabupaten Batang. Edukasi demokrasi tersebut dilakukan dengan cara yang disenangi anak-anak. Seperti games edukasi, menggambar dan mewarnai gambar terkait demokrasi dan lainnya.

Selain itu, acara tersebut juga menjadi sarana silaturahmi dengan para pendidik di sekolah. Karena banyak di antara mereka yang ketika Pemilu kemarin menjadi penyelenggara di tingkat desa ataupun kecamatan.

“Dengan edukasi sejak dini, kami harap mereka bisa menjiwai apa itu demokrasi. Sehingga ketika dewasa nanti mereka muncul keinginan untuk turut berperan memajukan negara. Salah satunya peran serta mereka dalam pesta demokrasi untuk memilih pemimpin Indonesia di masa depan,” pungkasnya. (nov)