Buat Kartu Kuning Online

by
Edy Herijanto

DPM PTSP dan Naker Kabupaten Pekalongan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya mulai tahun 2019 pelayanan pembuatan kartu prakerja (AK1) atau kartu kuning bisa dilakukan secara online.

Kepala DPM PTSP dan Naker Kabupaten Pekalongan Edy Herijanto, kemarin, menyatakan, untuk meningkatkan pelayanan pembuatan kartu prakerja pada tahun 2020 pihaknya sudah menyiapkan SDM dan sarana dan prasarana.

“Untuk syarat kerja harus membuat AK1 atau kartu kuning. Kami dulu melayani secara manual, mulai tahun 2019 ini kami melayani secara online,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, pelayanan mandiri juga sudah disiapkan, yakni disiapkan 4 personel untuk helpdesk, dan 4 unit komputer.
“Kami juga membuka situs informasi lowongan kerja bekerja sama dengan Kemenaker. Pada tahun 2020 kami juga masih membuka job fair,” ungkap dia.

Disinggung pembuat kartu kuning, Edy mengatakan, pada hari biasa rata-rata 20 orang perharinya. Sedangkan jika ada momen khusus seperti rekruitmen CPNS dalam sehari bisa mencapai 150 orang – 200 orang. (had)