Pawai Pajang Jimat Pukau Warga Pekalongan

by -
PUKAU WARGA – Penampilan grup marchingband dari Akpelni Semarang mampu memukau warga yang menyaksikan Pawai Pajang Jimat, Jumat (29/11) siang.

KOTA – Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan Kanzus Sholawat dimeriahkan dengan Pawai Pajang Jimat. Begitu pula pada peringatan Maulidurrasul tahun ini.

Pawai Pajang Jimat kali ini dilaksanakan pada Jumat (29/11) mulai pukul 14.00 WIB. Sebagaimana yang sudah-sudah, pawai ini selalu dielu-elukan oleh warga Kota Pekalongan dan sekitarnya. Mereka bahkan sejak beberapa jam sebelum pawai dimulai sudah rela menunggu di pinggir jalan di sepanjang rute yang akan dilewati peserta pawai.

Beda dengan tahun lalu yang dimeriahkan oleh Marching Band Corps Cendrawasih Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Pawai Pajang Jimat pada rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad 1441 H/2019 kali ini dimeriahkan oleh Grup Marching Band dari Akpelni Semarang. Penampilan dari para Taruna/Taruni Akpelni Semarang ini pun mampu memukau ribuan warga yang menyaksikan.

Pawai Pajang Jimat kali ini mengambil titik start dari Stadion Hoegeng. Kemudian melewati Jalan Kemakmuran, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pemuda, kawasan THR (Monumen Juang 45), Jalan Hayamwuruk, Jalan dr Cipto, dan finish di Jalan dr Wahidin.

Sekretaris Umum Panitia Maulid Kanzus Sholawat, Sumarjo, menjelaskan Pawai Pajang Jimat diikuti puluhan grup atau kelompok. Mereka terdiri dari berbagai elemen, mulai dari TNI, Polri, mahasiswa, pelajar, santri, Banser, Ansor, Satpol PP, SAR, sejumlah sekolah, ponpes, maupun berbagai kelompok seni budaya masyarakat.

Selain itu, ada pula penampilan alutsista berupa kendaraan lapis baja (panser) milik Satuan Brimob Batalyon B Pelopor Polda Jateng dan sebuah mobil water canon dari Polres Pekalongan Kota.

“Adapun tema peringatan maulid kali ini adalah Dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Merah Putih Tidak Melupakan Sejarah,” terangnya.

Dia menambahkan, sejumlah kegiatan yang digelar dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi ini, diantaranya, pada Sabtu (30/11) mulai pukul 07.00 WIB digelar Apel Merah Putih dan Ikrar NKRI di Alun-Alun Kota Pekalongan. Apel diikuti ribuan peserta, baik itu TNI, Polri, Banser, Satpol PP, pelajar, mahasiswa, santri, perwakilan forkompinda, perwakilan lintas agama, masyarakat umum, dan semuanya mengenakan ikat kepala merah putih.

Sebelumnya, telah digelar pula pagelaran Wayang kulit Kebangsaan, dengan Dalang Ki Manteb Sudharsono, dan dimeriahkan pula dengan penampilan Kirun, Marwoto, serta Butet Kertaradjasa. Ada pula Kirab Merah Putih dengan titik start dari Masin, Warungasem, Kabupaten Batang, dan finish di Alun-Alun Kota Pekalongan. Juga, digelar Nikah Maulid yang diikuti oleh 22 pasang pengantin pada Jumat (29/11), bertempat di Gedung Kanzus Sholawat. (way)