Tahapan Pilkada 2020 Mulai Diawasi

by

*Sosialisasi, Bawaslu Manfaatkan Kesenian Rakyat

SOSIALISASI – Gunakan media kesenian Barongan dan kethoprak, Bawaslu Kendal, sosialisasi pengawasan Pilkada 2020.

KENDAL – Pilkada Kendal memang baru dilaksanakan di 2020 mendatang. Namun tahapan yang saat ini berjalan pun mulai dilakukan pengawasan, antara lain dengan mensosialisasikannya ke masyarakat.

Seperti dilakukan Sabtu (30/11) malam kemarin, Bawaslu Kendal menggelar pagelaran budaya sosialisasi Pilkada 2020 sekaligus refleksi Pemilu 2019 di Lapangan Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari. Sosialisasi itu sengaja menggunakan media kesenian rakyat, yakni Barongan dan ketoprak.



Anggota Bawaslu Kendal, Wahidin Said mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut digelar untuk memulai pengawasan tahapan Pilkada 2020. Selain itu pagelaran tersebut sebagai evaluasi pengawasan Pileg 2019.

“Bagi masyarakat dua kesenian ini tak asing lagi. Bahkan barongan dan kethoprak ini banyak yang suka. Melalui sosialisasi ini mudah-mudahan masyarakat bisa berperan aktif dalam pengawasan pilkada 2020,” katanya.

Wahidin Said mengaku meski pilkada akan digelar pada 2020 tapi sekarang prosesnya sudah mulai berjalan. Tahapan yang sekarang sedang berjalan adalah pembentukan Panwascam yang sudah mulai dibuka pendaftarannya.
“Selain itu calon dari independen yang akan maju juga sudah mulai dibuka tahapannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kades Gempolsewu, H Heri Mardianto mendukung kegiatan yang dilaksanakan di desanya. Selain menghibur warga, guat tersebut juga untuk sosialisasi pilkada 2020. “Saya berharap partisipasi masyarakat makin meningkat dalam pilkada 2020,”katanya. (lid)