DPRD Batang Sinau Pelayanan Adminduk ke Disdukcapil Klungkung

by
TUKAR CINDERAMATA – Ketua DPRD Batang, Maulana Yusup saat memberikan cinderamata kepada Sekertaris Disdukcapil Kabupaten Klungkung, Anak Agung Istri Alit.

BATANG – Komisi A DRPD Kabupaten Batang melakukan kunjungan kerja ke Disdukcapil Kabupaten Klungkung Provinsi Bali, Rabu (27/11). Kedatangan anggota Komisi A ini untuk sinau pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di sana, yang tercatat sudah beberapa kali dinobatkan sebagai instansi dengan pelayan publik yang baik.

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Klungkung, Anak Agung Istri Alit yang menerima kunjungan menjelaskan jika ada beberapa inovasi pelayanan yang dilakukan pihaknya. Seperti upaya pelayanan jemput bola, baik ke pelajar, penyandang disabilitas, ODGJ dan lainnya, SIAK terintegrasi, dan Bela Nanda, Kawi Smara, Caling Tanduk, Dilan 20 dan lainnya.

“Untuk peningkatan kesadaran Adminduk, kami juga memberikan apresiasi kepada desa. Kami berikan apresiasi Adi Sewaka Cihna Warga untuk desa atau kelurahan yang tertib administrasi. Sehingga akan memacu para warga di desa atau kelurahan untuk sadar administrasi sesuai dengan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga ke depan mengembangkan layanan GO-MEN atau Go Dokumen. Layanan itu berfungsi mengantarkan dokumen langsung ke tempat pemohon, laiknya layanan antar jemput ojek online.

Ketua DPRD Batang, Maulana Yusup mengapresiasi inovasi layanan yang ada di Kabupaten Klungkung, sehingga pihaknya siap mempelajari lebih lanjut. Sebab, beberapa inovasi itu bisa diimplementasikan di pelayanan Adminduk Batang.

“Dan satu yang perlu dicontoh juga, meski Kabupaten Klungkung ini APBD nya kecil, tapi bisa memberikan pelayanan terbaik. Kuncinya ada di pemangku kebijakan, sehingga meski anggaran terbatas bisa tetap berinovasi ,” imbuhnya.

Senada, Ketua Komisi A DPRD Batang, Danang Aji Saputra berharap, inovasi tersebut nantinya bisa menjadi bahan inspirasi untuk diterapkan di Batang. Sehingga masyarakat bisa lebih tertib administrasi.

“Kami rasa ada beberapa inovasi yang bisa diterapkan di Batang, seperti GO-MEN. Inovasi ini mungkin bisa diaplikasikan di Batang mengingat daerahnya ada yang juga di gunung dan jauh dari pusat pemerintahan, dan tentunya bisa mendukung pelayanan online Disdukcapil Batang. Sehingga ketika ada layanan semacam ini bisa memudahkan masyarakat,” tandas politisi Golkar ini. (nov)