Makin Canggih, Penilaian Akhir Gunakan Android

by
OPERASIKAN – Siswa SMKN 1 Warungasem saat mengoperasikan android untuk PAS.

WARUNGASEM – SMKN 1 Warungasem memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar. Salah satunya dengan menggunakan perangkat Android untuk Penilaian Akhir Sekolah (PAS).

Demikian diutarakan Kepala SMKN 1 Warungasem, Catur Puji Raharjo saat diwawancarai, Selasa (27/11). Penggunaan aplikasi berbasis Android ini merupakan salah satu inovasi di bidang pembelajaran di sekolahnya.
“Mulai semester ini kami sudah menggunakan perangkat android untuk melakukan PAS. Tentunya kehadiran inovasi ini makin memudahkan siswa saat mengikuti ujian,” terang Catur.

Lebih lanjut Catur menjelaskan bahwa pada awalnya penggunaan aplikasi baru terbatas hanya untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa saja. Akan tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, maka sekolahnya pada tahun ini menggunakan Android untuk pembuatan soal.

Disamping ramah lingkungkan karena mengurangi penggunaan kertas, sistem ini juga memudahkan dalam hal koreksi hasil pekerjaan. Sebab guru tidak perlu lagi melakukan koreksi terhadap lembar hasil pekerjaan setiap siswa. Dengan menggunakan android, sistem ini sudah langsung menampilkan perolehan nilai setiap siswa.

“Cara penggunaan android cukup mudah dimana siswa cukup memasukan kode server yang ada lalu memasukkan username, password serta token yang sudah disediakan oleh Panitia di kartu peserta tes. Pada prinsipnya sistem ini sama seperti pada Ujian Nasional Berbasis Komputer,” tambah Catur.

Pihaknya berharap ke depan dengan penggunaan android ini bisa memudahkan PAS. Serta bisa mengurangi penggunaan kertas untuk turut menjaga lingkungan. (nov)