WOW, Daftar Antrean Cetak KTP-el Capai 25.000 Orang

by

KENDAL – Kemampuan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kendal untuk mencetak blangko KTP elektronik (KTP-el) ternyata masih terbatas. Saat ini, mereka bahkan hanya mampu mencetak 500 keping perbulannya.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Kendal, Bambang Dwiyono mengatakan, minimnya kemampuan cetak blangko KTP-el itu karena keterbatasan anggaran di tahun 2019, sehingga hanya 500 keping yang bisa dicover per bulannya. Hingga kini, data yang sudah masuk untuk antrean pembuatan KTP-el dan belum dapat dicetak mencapai 25.000.

Menurut Bambang, daftar antrean tersebut baru bisa dipenuhi pencetakannya di tahun 2020. Karena tahun depan pihaknya telah mengusulkan anggaran pencetakan KTP-el.

“Masih ada 25.000 warga Kendal yang masih antre untuk cetak KTP-el, karena setiap bulan kami hanya dapat melakukan pencetakan sebanyak 500 buah saja. Jumlah 25.000 tersebut baru dapat dicetak pada tahun anggaran 2020,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk cetak KIA (Kartu Identitas Anak) yang awalnya terkedala mesin cetak, saat ini sudah dapat dilayani dengan maksimal. Sebelumnya Dispendukcapil Kendal untuk melakukan cetak KIA harus meminjam mesin pencetak dari Pemprov Jateng dan sekarang di Kendal sudah mengadakan mesin cetak sendiri, sehingga tidak perlu pinjam ke provinsi lagi.

“Dua mesin yang kami pinjam untuk pencetakan KIA nantinya akan kami kembalikan lagi ke Provinsi, karena saat ini kami sudah punya sendiri,” pungkasnya.(fik)