Bawaslu Buka Rekrutmen Panwascam Pilkada 2020

by
JELASKAN – Divisi Organisasi SDM, Data dan Informasi pada Bawaslu, Bambang Sukoco, saat menjelaskan tentang proses rekrutmen Panwascam untuk Pilkada 2020.

KOTA – Bawaslu Kota Pekalongan mulai membuka rekrutmen Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada tahun 2020. Dibutuhkan 12 Panwascam yang akan bertugas masing-masing tiga orang di setiap kecamatan. Pendaftaran Panwascam, mulai dibuka pada 27 November hingga 3 Desember 2019 mendatang.

Divisi Organisasi SDM, Data dan Informasi pada Bawaslu, Bambang Sukoco mengatakan, selama masa pendaftaran para pelamar juga sekaligus diminta melengkapi berkas yang dibutuhkan. Dalam tahap seleksi, Bawaslu akan mengambil dua kali lipat jumlah Panwascam yang dibutuhkan untuk diseleksi.

“Jadi karena kebutuhannya tiga orang, maka untuk tahap seleksi akan diterima enam orang untuk mengikuti proses. Ketika sampai hari penutupan jumlah pendaftar tidak memenuhi maka akan diperpanjang. Untuk pendaftaran dan pengiriman berkas dilakukan di Kantor Bawaslu Kota Pekalongan,” jelasnya, Rabu (13/11).

Bambang melanjutkan, dalam rekrutmen kali ini calon Panwascam tidak dibatasi wilayah kecamatan. Artinya, pelamar yang berdomisili di satu kecamatan dapat mendaftar sebagai Panwascam di kecamatan lainnya. Ketentuan ini berbeda dengan rekrutmen Panwascam periode sebelumnya dimana pelamar dibatasi wilayah.

“Untuk syaratnya, minimal pendidikan SMA dan berusia minimal 25 tahun. Kemudian tidak sedang menduduki jabatan politik, pemerintahan, BUMN, BUMD, desa atau Bumdes, dan bersedia mundur dari jabatan-jabatan tersebut selama masa keanggotaan jika terpilih. Juga tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri sekurang-kurangnya lima tahun saat mendaftar,” tambah Bambang.

Pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilakukan pada 12 Desember yang kemudian dilanjutkan dengan penerimaan masukan dari masyarakat pada 12 Desember hingga 15 Desember. Dalam proses rekrutmen Panwascam kali ini, dikatakan Bambang akan digunakan sistem CAT dalam tes. Sistem tersebut akan langsung terhubung dengan sistem miliki Bawaslu RI

Setelah serangkaian proses seleksi, targetnya Panwascam terpilih akan menjalani pelantikan pada 22 hingga 23 Desember 2019. “Setelah dilantik, mereka akan langsung bekerja untuk mengawasi pembentukkan PPK pada Januari 2020. Kemudian dalam tahapan Pilkada pada Januari juga sudah mulai dilakukan pengumpulan syarat calon perseorangan. Panwascam akan mulai bertugas mengawasi tahapan tersebut,” tandasnya.(nul)