Seleksi CPNS 2019 Dibuka Hari ini

by

**Kendal Dapat Kuota 285 Formasi

KENDAL – Mulai hari ini, Senin (11/11), seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2019 resmi dibuka. Sesuai keputusan Badan Kepegawaian Nasional (BKN), kuota Kabupaten Kendal mendapatan 285 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kendal, Cicik Sulastri mengatakan, prosedur alur, tata cara pendaftaran, persyaratan dan formasi akan diumumkan melalui website resmi https://kendalkab.go.id/pengumuman maupun https://bkpp.kendalkab.go.id.
“Sudah siap kami umumkan, saat ini sedang proses pengajuan tanda tangan Sekda Kendal. Pendafatrannya akan ditutup 24 November 2019,” katanya, Minggu (10/11).

Menurut Cicik, pendaftaran dilakukan secara online. Masyarakat yang berminat bisa mengaksesnya melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) di https://sscasn.bkn.go.id. Selanjutnya, peserta harus mendaftar dengan cara membuka akun SSCASN, menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) atau NIK kepala keluarga.

“NIK yang sudah didaftarkan nantinya digunakan oleh Pelamar atau CASN untuk login dan mulai memilih formasi dan melengkapi berkas secara benar. Dokumen persyaratan diunggah ke dalam portal SSCASN,” terangnya.

Sesuai ketetapan BKN, pada seleksi CASN tahun ini Kabupaten Kendal mendapatkan kuota formnasi sebanyak 285. Jumlah itu masih didominasi formasi tenaga kependidikan dengan 154 formasi, disusul formasi tenaga kesehatan untuk 107 orang. Sementara sisanya, ada tenaga teknis sebanyak 24 formasi.

Diakui Cicik, sebelumnya Pemkab Kendal telah mengajukan usulan formasi untuk seleksi CASN tahun ini sebanyak 455. Namun demikian, dari jumlah usulan tersebut, yang disetujui sesuai kemampuan Kemenpan RB hanya 285.
“Seleksi dilaksanakann mulai verifikasi berkas administrasi yang akan dilaksanakan BKPP Kendal pada bulan Desember,” tukasnya.

Bagi pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, selanjutnya akan mengikuti tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan bidang (TKB). Masing-masing tes akan dilaksanakan pada Febuari dan Maret tahun depan. Waktunya menunggu dari BKN, karena setiap daerah berbeda-beda. Untuk tempat tes, rencananya dilaksanakan di Kota Semarang. TKD dan TKB untuk CASN tahun ini dibiayai secara mandiri oleh pemerintah daerah masing-masing melalui APBD.

“Untuk Kendal, seleksi CASN kami melalui APBD 2020 kami anggarkan lebih kurang sebesar Rp 2 miliar,” tandasnya.(lid).