Kerawanan Pilkades-Pilkada 2020 Siap Diantisipasi

by

*Sinergisitas Polri, TNI, dan Pemkab Kendal Dimantapkan

GELAR – Polres Kendal gelar Apel Konsolidasi Operasi Mantap Brata Candi 2018-2019.

KENDAL – Dua even politik besar akan digelar di Kabupaten Kendal pada 2020 mendatang, yakni dimulai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada Bulan Maret sampai April, lalu menyusul Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kendal pada Bulan September. Mengingat besar dan masifnya hajat politik tersebut, maka Polres, Kodim bersama Pemkab Kendal bersinergi menyiapkan pengamanannya.

Wakapolres Kendal, Kompol Sumiarta mengatakan, pihaknya telah menyiapkan personel untuk mengawal dan mengamankan jalannya tahapan pilkades maupun pilkada. Pemkab Kendal sudah turun ke masyarakat memberikan pembinaan terhadap warga melalui RT dan RW. “Bupati, wakil bupati, sekda, dan jajaran Polri serta TNI selalu turun ke masyarakat,” katanya usai Apel Konsolidasi Operasi Mantap Brata Candi 2018-2019, di halaman Polres Kendal, Rabu (6/11).

Apel digelar dalam rangka pengecekan pasukan dan sarana prasarana yang telah digunakan dalam pelaksanaan pengamanan pentahapan Pemilu 2019 itu, dihadiri unsur pemerintah daerah, Komisioner KPU, dan perwakilan partai politik. Apel diikuti unsur Polri dan TNI. “Tidak ada kasus pelanggaran yang ditangani Polres Kendal, selama Pemilu 2019,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi kerawanan pada pilkades maupun pilkada, pihaknya mempersiapkan pengamanan dari polres dan menggandeng TNI untuk membantu mengamankan dua agenda besar tersebut. “Tentu juga berkoordinasi dengan Brimbo Polda Jateng jika sewaktu-waktu membutuhkan bantuan pengamanan,” tukasnya.

Terkait kerawanan pada pilkades dan pilkada, polisi sudah memetakan sejumlah wilayah dan berharap tidak terjadi gesekan. Karena pilkades pelaksanaannya menyebar, pengamanannya melibatkan unsur kecamatan. “Harapanya tidak terjadi kerawanan selama proses pilkades dan pilkada, karena sudah ada pendidikan karakter kepada masyarakat,” timpalnya.

Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur menyatakan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Polri dan TNI untuk pengamanan kegiatan besar yang ada di Kabupaten Kendal. Hal itu untuk selalu menciptakan situasi kondusif di Kendal. “Pembinaan kepada masyarakat untuk menanamnkan nilai-nilai kewarganegaraan juga sudah kami lakukan,”katanya. (lid)