Clear, Tiga Desa Anti Politik Uang Diluncurkan

by
LAUNCHING – Bawaslu Batang saat melaunching tiga Desa Anti Politik Uang di Desa Kepuh, Limpung, kemarin.

BATANG – Bawaslu Kabupaten Batang akhirnya melaunching 3 Desa Anti Politik Uang, di Lapangan Desa Kepuh, Limpung, Rabu (6/11). Tiga desa tersebut, yakni Desa Kepuh Kecamatan Limpung, Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah, dan Desa Sodong Kecamatan Wonotunggal.

Launching juga dihadiri Kejari Batang, KPU Batang, Camat Limpung, Danramil, Kapolsek Limpung, Pemerintah Desa Sodong, Desa Kemiri Barat, Desa Kepuh, dan ratusan masyarakat desa setempat.

Diawali dengan jalan sehat dan dilanjutkan pertunjukan marching pring yang merupakan potensi seni budaya lokal dari masyarakat Desa Kepuh menjadikan launching desa semakin meriah.

“Kami merasa sangat senang, karena launching Desa Anti Politik Uang digelar di desa kami. Dan kami siap mendukung Bawaslu untuk terus menggalakkan Anti Politik Uang,” Ujar Kepala Desa Kepuh, Mubarok.

Sementara itu, Kooordinator Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Batang, Mahbrur, memberikan sosialisasi pengawasan partisipatif, untuk mencegah dan melawan politik uang. Dengan tidak adanya politik uang yang telah dicontohkan oleh Desa Kepuh, Kemiri Barat, dan Sodong pada pemilihan Pilkades September 2019 lalu.

Diharapkan, sampai Pemilu mendatang bisa memilih tanpa politik uang, dan bisa menularkannya pada desa-desa yang lain. “Laporkan jika ada politik uang!,” tegas Mahbrur.

Bawaslu berharap tidak hanya melaunching tiga Desa Anti Politik Uang, tapi ke depan semua desa se-Kabupaten Batang untuk turut aktif dalam menjadikan pemilu yang bermartabat dengan menjadi desa anti politik uang ataupun desa pengawasan.

“Ke depan kami juga akan melaunching tiga desa pengawasan. Harapannya seluruh desa di Batang bisa berperan baik sebagai desa anti politik uang ataupun desa pengawasan, sehingga Pemilu lebih bermartabat dan bisa mendapatkan pemimpin yang amanah,” tandasnya. (nov)