Skutik Tempati Posisi Teratas

by

*Dealer Honda Cendana Mekar Wangi Wiradesa

LAYANAN DEALER – Suasana layanan dealer Cendana Mekar Wangi Wiradesa, Rabu (6/11).

WIRADESA – Dealer resmi sepeda motor Honda Cendana Mekar Wangi Wiradesa mencatatkan popularitas pasar skuter matik (skutik) untuk Scoppy dan PCX menempati posisi teratas atau menjadi primadona dalam penjualan, namun Beat menyumbang unit penjualan sepeda motor terbanyak di Wiradesa dan sekitarnya.

Demikian diungkapkan Riski, sales penjualan Cendana Mekar Wangi Wiradesa.

“Scoppy dan PCX masih menjadi primadona di honda dan disamping itu juga Beat penyumbang unit terbanyak. Disini kan kita produknya ringan di DP dan angsuran, artinya dengan DP murah, Beat masih terjangkau untuk saat ini,” ujarnya ketika ditemui di dealer Jl A Yani Bener Wiradesa, Rabu (6/11).

Penjualan motor Beat bulan Oktober-November mengalami kenaikan 10% dari bulan lalu.

“Presentasenya Beat itu kisaran sampai 30 % sih. Ya kita bulan ini soalnya belum liat data. Berarti kita belum bisa bicara pastinya,” jelasnya.

Peminat atau pembeli berasal dari berbagai kalangan baik dari wilayah Wiradesa dan sekitarnya, bahkan ada pembeli dari Pemalang.
“Kita kebanyakan dari Wiradesa, karena ring 1 nya kan Wiradesa. Kita kan penguatan di Wiradesa. Bahkan kita konsumen dari Pemalang juga ada, Ulujami, dll,” tambahnya.

Cara dan metode pembelian juga masih cukup sederhana dan manual, yakni datang langsung.

“Kebanyakan datang kesini sudah menentukan pilihan. Dari rumah itu biasanya misalnya pengen scoppy, atau ingin PCX, biasanya tinggal nanya-nanya programnya apa, terus nanya tinggal siap dari rumah itu tinggal cari motor itu,” terangnya.

Kebanyakan konsumennya merupakan konsumen lama, RO (Repeat order) yang mereferensikan kepada tetangga atau saudaranya.

“Alhamdulillah kita bulan oktober kemarin closingnya lebih baik dari bulan September. Mendekati akhir tahun diharapkan lebih banyak lagi dan programnya lebih menarik lagi,” paparnya.

Peningkatan penjualan ini diklaimnya karena memiliki program dan strategi Marketing yang baik dan tepat sasaran.

“Program-program kita masih sama seperti bulan lalu, DP dan angsuran masih sama, untuk Beat masih dapat hadiah. Itu tidak kita sebutkan, biar surprice nanti,” ujarnya.

Salah satu penunjang peningkatan penjualan biasanya berasal dari promo dan berbagai jenis hadiah pembelian. “Ia biasanya ada promo akhir tahun, cuman ini belum keluar, nanti biar surprice lagi. Kita sudah punya planning nanti jika ada tambahan gifs nanti seperti ini, seperti ini nanti kita pasti ada,” sambungnya.

Dealer yang merupakan satu-satunya dealer cendana yg gencar aktif sosialisasi safety riding ini juga masih konsisten dalam menyediakan kualitas pelayanan.

“Terkait AHAS, kita kan mekaniknya sudah jelas mekanik ahli, spare partnya kita juga sudah pasti asli, soalnya kita kan juga membawa nama besar dari AHAS, AHM-Honda. Jadi memang sperpartnya asli jadi yang masang harus ahli,” jelasnya.

Bahkan kata dia, pelayanan ganti oli di dealernya tanpa antre. “Pelayanan khusus ngapain anti kalau hanya untuk ganti oli,” cetusnya.

Sementara strategi lain untuk menarik minat konsumen adalah melalui penyelenggaraan event, namun dengan analisa yang tepat dan matang. “Untuk event, kita bikin event ya kita tetap lihat kondisi market sharenya di daerah tersebut. Klo marketnya bagus, kita akan bikin even disitu. Dan kita menganalisis dulu, sebelum menyelenggarakan, kita analisa wilayahnya, market sharenya, seperti apa, baru kita bikin event,” ungkapnya.

Rizki berharap menjelang akhir tahun, dealer ini bisa terus mencatatkan tren positif dalam hal laju penjualan. “Kalau Oktober naik 10%, maka November mudah-mudahan naik 20% atau 50% lah bismillah,” tutupnya. (ap3)