Fasilitas Homestay Bisa Geliatkan Aktivitas Pariwisata

by

KENDAL – Keberadaan fasilitas homestay di desa wisata mendapatkan dukungan penuh dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal. Hadirnya homestay yang dikelola langsung masyarakat diyakini membuat wisata di desa wisata menjadi lebih bergeliat dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kabid Pariwisata Disporapar Kendal, Kardiyantomo mengatakan, saat ini kabupaten Kendal memiliki 30 Desa yang ditetapkan sebagai desa wisata. Semua desa wisata itu akan dilatih untuk membuat dan mengelola homestay yang dapat meningkatan pendapatan masyarakat.

“Geliat wisata di desa terus kami gencarkan. keberadaan homestay juga kami dukung penuh. Itu untuk mendampingi perekonomian pariwisata disamping pertumbuhan ekonomi di Sektor industri,” katanya, Kamis (31/10).

Kardiyantono mengungkapkan, Kabupaten Kendal tidak hanya menjadi kabupaten penyangga perekomomian Jawa Tengah, namun tengah menjadi kabupaten yang menjadi jujukan wisata. Menurutnya, selain meningkatan pelayanan di tempat wisata yang dikelola oleh Disporapar, pihaknya pun juga mendukung pengelolaha wisata di desa.

“Jalin kerjasama dengan Pemprov Jateng sudah kami lakukan. Yakni untuk memberikan pelatihan kepada para pokdarwis mulai dari segi pengelolahan wisata hingga pemasaran wisata. Begitu juga pelatihan pembuatan homestay juga bentar lagi kami lakukan, sehingga akan muncul homestay-homestay di desa wisata,” tandasnya. (lid)