Soal CPNS, BKD Kab Pekalongan Tertutup

by
UPACARA – Sejumlah PNS di Kabupaten Pekalongan tengah mengikuti Upacara Sumpah Pemuda di Lapangan Alun Alun Kajen.

Hanya Sampaikan Alokasi CPNS Dalam Proses

Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pekalongan terkesan tertutup mengenai data penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Pekalongan. Terbukti saat ditanya terkait dengan jumlah, Kepala BKD Kabupaten Pekalongan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Pekalongan, Toto Budi Mulyatmo enggan untuk memberikan data.

Padahal, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (MenPAN & RB) sudah mengeluarkan pengumuman nomor B/1069/M.SM.01.00/2019 Informasi Penerimaan CPNS tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah. Tercatat, Kabupaten Pekalongan mendapat jatah CPNS sebanyak 409.

Berdasarkan pengumuman MenPAN&RB, pada tahun 2019 dibuka penerimaan CPNS di 68 Kementrian /Lembaga dan 462 Pemprov/Pemkab/Pemkot. Selain itu juga dijelaskan pendaftaran direncanakan dimulai pada tanggal 11 November 2019 secara online melalui SSCASN BKN. Pelamar hanya bisa mendaftar di satu instansi dan satu froamsi jabatan di Kementrian /Lembaga, Pemprov/Pemkab/Pemkot.

Kepala BKD Kabupaten Pekalongan, Toto Budi Mulyatmo, ketika dikonfirmasi mengenai pembukaan pendaftaran CPNS 2019 membenarkan. Namun herannya, Totok menjelaskan saat ini masih dalam proses untuk pendataan kebutuhan pegawai.
“Memang ada penerimaan namun untuk saat ini masih dalam proses,” terangnya seraya menjelaskan alokasi untuk kebutuhan sudah terdata maka pengumuman penerimaan akan segera dibuka secara umum.

Sementara itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi malah memastikan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil, Pemkab sudah menerima surat dari Kementrian-PAN RB.
“Untuk penerimaan CPNS sudah ada surat berapa kebutuhan di Kabupaten Pekalongan,” ungkapnya.

Untuk proses penerimaan, kata Bupati, akan dibuka secara umum dan terbuka. Untuk kebijakan pengadaan ASN tahun 2019 telah diatur melalui surat Mempan dan RB Nomor B/617/M.SM.01.00/2019 tanggal 17 Mei 2019 perihal Pengadaan ASN Tahun 2019. (Yon)