Sambut Sumpah Pemuda, Bulan Bahasa, dan Resmikan BI Corner

by

*SMA Negeri 1 Kajen

IKRAR – Pembacaan ikrar sumpah pemuda oleh seluruh siswa SMAN 1 Kajen dan siswa afirmasi, Senin (28/10).

KAJEN – Menyambut 28 Oktober 2019, SMA Negeri 1 Kajen menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda sekaligus melaksanakan puncak peringatan Bulan Bahasa di halaman SMA Negeri 1 Kajen, Senin (28/10). Segenap siswa dan guru SMA Negeri 1 Kajen hadir mengenakan pakaian adat dari seluruh provinsi di Indonesia.

Tiap-tiap kelas mengirimkan dua orang wakilnya sebagai perwakilan pemuda dari seluruh Indonesia lengkap dengan pakaian adat guna membacakan ikrar sumpah pemuda diatas podium. Tak cukup sampai disitu, pihaknya juga turut mengundang siswa Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) asal Papua yang saat ini tengah menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Bojong. Kehadiran para siswa Papua tersebut semakin menambah semangat menyambut momen peringatan Sumpah Pemuda tersebut.

Kepala SMAN 1 Kajen, Dra Heti Puryanti, menuturkan agar momen peringatan Hari Sumpah Pemuda dapat dijadikan sebagai ajang untuk menumbuhkan semangat kebhinekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Dengan keberagaman yang dimiliki Indonesia, kita wajib menjaga persatuan demi keutuhan negara kita,” tuturnya. Selain itu, pihaknya juga berharap agar para siswa SMA Negeri 1 Kajen mencontoh semangat siswa afirmasi dalam menempuh pedidikan di tanah Jawa ini.

“Anak-anak Papua ini tidak gentar belajar, berjuang jauh-jauh dari tanah cendrawasih untuk menempuh pendidikan di Pekalongan. Ini harus menjadi penyemangat bagi anak-anak agar semakin giat belajar, untuk dapat menempuh cita-cita dan harapan,” ujar Bu Heti, sapaannya.

Sebelumnya, sejak tanggal 23 Oktober hingga 25 Oktober 2019 lalu para siswa SMA Negeri 1 Kajen menggelar peringatan Bulan Bahasa dengan beragam lomba mulai dari Sesorah, Geguritan, Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggris, Solo Vokal, Futsal SMANKA, Monolog, Lomba Baca Puisi, Tembang Macapat, Speech Contest, Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar, hingga Orasi Kebangsaan. Selain ingin menggugah semangat cinta budaya, melalui beragam lomba diharapkan dapat melatih kreativitas, keterampilan serta kepercayaan diri siswa.

Selain itu, dalam puncak peringatan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda ini pihaknya sekaligus melaksanakan peresmian BI Corner binaan Bank Indonesia Perwakilan Kantor Cabang Tegal di SMA Negeri 1 Kajen. Persemian dilaksanakan dengan pemotongan pita secara simbolis oleh Bapak Busyra selaku Manager Bank Indonesia Kantor Cabang Tegal didampingi oleh Kepala SMA Negeri 1 Kajen.

Keberadaan BI Corner tersebut sebagai pelengkap Perpustakaan SMA Negeri 1 Kajen untuk dapat meningkatkan semangat literasi siswa. “Selain di Kantor Dinarpus Kajen, keberadaan BI Corner SMA N 1 Kajen ini diharapkan dapat meningkatkan semangat literasi siswa dengan dukungan buku-buku referensi, dan fasilitas multimedia yang lengkap,” pungkasnya. (adv/yak)