Edukasi Manfaat Panahan ke Masyarakat

by -

*Komunitas Abirawa Archery Club Batang

EDUKASI – Personel Abirawa Archery Club saat memberikan edukasi terkait panahan kepada pengunjung Minggon Jatinan.

BATANG – Komunitas Abirawa Archery Club Batang, turut hadir dalam gelaran Minggon Jatinan tiap Minggu pagi. Dalam kesempatan itu, pihaknya mengedukasi masyarakat akan manfaat olah raga panahan. Masyarakat bisa turut mencoba sensasi olah raga panahan dengan membayar empat kreweng (Rp8 Ribu) untuk enam anak panah.

Dalam kesempatan itu para pengunjung juga bisa mendapatkan kelas singkat terkait panahan. Dimana disampaikan langsung oleh pelatih yang bersertifikat Perpani dan Indonesian National Archery School Program.

“Jadi kami memberikan edukasi terkait olah raga panahan. Baik terkait manfaatnya dan juga bagaimana cara memanah dengan baik dan tepat sasaran. Tentunya kegiatan ini boleh diikuti siapa saja. Baik umum maupun anak bisa langsung ikut. Bahkan praktik dengan membayar empat kreweng akan mendapatkan enam anak panah untuk berlatih memanah sasaran,” terang Pelatih Abirawa Archery Club, Aan didampingi salah satu Asisten, Yusuf saat diwawancarai, Minggu (27/10).

Dijelaskan, para pengunjung yang sudah membayar empat kreweng akan diberikan horsebow dan busur recurve wooden. Dan akan diedukasi pula bagaimana sikap tepat untuk memanah dan bagaimana bisa mencetak skor saat memanah.

“Di sini para pengunjung dapat belajar panahan dengan teknik dasar yang mudah dipraktikkan. Baik untuk pemula anak-anak, maupun dewasa dan didampingi pelatih yang bersertifikat dan mengutamakan keamanan dan kenyamanan,” tegasnya.

Pihaknya berharap kehadirannya di Minggon Jatinan untuk syiar olahraga sunnah panahan di kalangan umum. Kegiatan ini juga diharap dapat menjaring bibit calon atlit panahan di wilayah Batang.

“Panahan termasuk olahraga sunnah yang dilakukan Rasulullah, selain berkuda dan renang. Oleh karenanya kami ingin mensyiarkan panahan ini. Harapannya semakin banyak atlit panahan yang bermunculan di Kabupaten Batang,” harapnya. (nov)