Jelang Akhir Tahun, Pemkot Kebut Perbaikan Sejumlah Trotoar

by -
PERBAIKAN TROTOAR – Pemkot Pekalongan saat ini tengah melakukan perbaikan sejumlah trotoar dan drainase di beberapa ruas jalan, salah satunya di Jalan Tentara Pelajar.

KOTA – Pemkot Pekalongan kembali melakukan perbaikan sejumlah trotoar serta merevitalisasi saluran drainase di beberapa ruas jalan di kota batik. Kegiatan ini telah dimulai sejak September lalu, dan ditargetkan selesai pada November mendatang.

Trotoar yang saat ini sedang dalam perbaikan diantaranya berada di Jalan Tentara Pelajar, Jalan Veteran, Jalan Kemakmuran, Jalan Majapahit, dan Jalan Dr Cipto.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan, Bambang Sugiarto, menyebutkan bahwa anggaran dari APBD Kota Pekalongan untuk rehab trotoar tersebut bervariasi. Misalnya saja untuk trotoar di Jalan Majapahit dan Jalan Veteran pagu anggarannya Rp199 juta. Lalu di Jalan Tentara Pelajar dan Jalan Kemakmuran Rp149 juta, serta di Jalan Dr Cipto dianggarkan Rp648 juta.

“Misalnya trotoar di Jalan Tentara Pelajar, perbaikannya sepanjang 83 meter dengan pagu anggaran Rp149 juta dari APBD Kota Pekalongan. Perbaikannya dimulai sejak September, sesuai kontraknya ditargetkan hingga November,” tutur Bambang, kemarin.

Diungkapkan Bambang, trotoar di sejumlah ruas jalan tersebut harus diperbaiki karena beberapa diantaranya sudah tidak layak untuk pedestrian. Selain itu, drainase yang ada pun sudah tidak bisa berfungsi secara optimal. Contohnya di Jalan Tentara Pelajar, drainasenya sudah tidak berfungsi sehingga jika hujan, air selalu menggenangi bahu jalan.

“Selama ini terutama dari pertigaan lampu merah disekitar situ hingga Jalan Selat Karimata, drainasenya kurang berfungsi maksimal, meskipun tidak hujan pun terkadang karena drainase limbah rumah tangga belum bisa mengalir ke jaringan drainase yang terbangun sehingga selalu menggenangi di bahu jalan. Dengan terbangunnya drainase dan trotoar ini, diharapkan limbah rumah tangga tidak lagi menggenangi di bahu jalan tetapi sudah terfasilitasi oleh drainase yang baru,” papar Bambang.

Selain Jalan Tentara Pelajar, perbaikan trotoar dan drainase dilakukan secara bertahap di ruas jalan lain diantaranya Jalan Veteran, Jalan Kemakmuran, dan Jalan Dr Cipto. (way)