Formasi CPNS Belum Jelas

by

*Pekalongan dan Batang Belum Berani Ekspos

PEMBINAAN – BKPP Kendal saat melakukan pembinaan ke OPD di lingkungan Pemkab, belum lama ini.

KENDAL – Pembukaan rekruitmen CPNS tahun 2019 untuk formasi kementerian/lembaga hingga daerah telah ramai diberitakan media nasional dalam beberapa bulan terakhir. Sayangnya, hingga kini kepastian soal formasi yang dibuka, termasuk untuk Pemkab Kendal sendiri belum ada kejelasan. Padahal, informasi tersebut sangat ditunggu-tunggu masyarakat.

Sebelumnya, Pemkab sendiri telah resmi mengirimkan usulan formasi CPNS tahun 2019. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kendal, Cicik Sulastri mengatakan, CPNS tahun ini masih memberikan prioritas untuk formasi guru dan tenaga kesehatan. “Untuk CPNS 2019 ini, kami sudah ajukan 450 untuk banyak formasi. Tetapi paling banyak tetap formasi guru dan tenaga kesehatan,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Menurut Informasi BKPP Kendal pula, kejelasan soal waktu pendaftaran seleksi CPNS 2019 baru bisa diketahui di akhir Oktober nanti. Sementara jadwal pendaftaran sendiri kemungkinan dimulai di Bulan November. Adapun pelaksanaan seleksinya kemungkinan besar dilaksanakan di tahun 2020, yakni antyara Februari sampai Maret.

Bagi masyarakat yang berminat mendaftar seleksi CPNS tahun ini, Cicik mengimbau agar terus memantau perkembangan informasinya di laman resmi. “Silahkan pantau melalui kanal media sosial BKN, situs web www.bkn.go.id dan situs web atau media sosial yang dikelola oleh kementerian/lembaga/pemerintah daerah,” ungkap pesan Cicik.

Soal kejelasan formasi yang akan dibuka nanti, Radar Pekalongan berupaya kembali menghubungi Kepala BKPP Kendal, Cicik Sulastri, baik melalui ponsel maupun aplikasi pesan Whatsapp, Senin (21/10), guna meminta waktu wawancara. Karena ada agenda rapat OPD dengan Sekda, pihaknya menjanjikan waktu bertemu setelah rapat selesai.

Karena kesibukannya, sampai pukul 16.00 WIB, Cicik belum memberi konfirmasi soal permintaan wawancara. Selang beberapa menit, akhirnya dia mengirimkan pesan permintaan maaf karena belum bisa bertemu Radar di hari itu (kemarin -red). “Mohon maaf, tadi ternyata dilanjut rapat lainnya. Ini baru selesai tapi ada acara ke Semarang. Insya Allah besok pagi saja,” katanya via pesan Whatsapp.

Upaya konfirmasi yang sama juga dilakukan wartawan Radar Pekalongan yang bertugas di Kabupaten dan Kota Pekalongan serta Batang. Namun jawaban yang diberikan ternyata sama, bahwa pemerintah setempat belum berani menginformasikan informasi menyangkut seleksi CPNS 2019.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Batang, Supardi, misalnya, mengatakan belum bisa menyampaikan informasi menyangkut pengadaan CPNS tahun ini. Saat ini, kata dia, BKD masih berkonsultasi ke Bupati Batang sekaligus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng menyangkut kuota formasi CPNS. “Nanti, kalau sudah clear akan kita sampaikan ke rekan-rekan media,” ucapnya, Senin (21/10).

Sementara untuk Kota Pekalongan, instansi terkait menyatakan belum bisa menyampaikan informasi CPNS. Sebab sampai Senin kemarin belum ada perkembangan informasi yang signifikan dari Kemenpan RB maupun BKN. (lid/nul/fel)