Pimpin Apel, Danramil Ingatkan Babinsa Bijak Gunakan Medsos

by
PENGARAHAN – Danramil 06/Gemuh, Kapten Kav Jatmiko, memberikan pengarahan kepada para personil di satuannya untuk hati-hati dan bersikap bijak dalam menggunakan medsos.

KENDAL – Komandan Koramil (Danramil) 06/Gemuh, Kapten Kav Jatmiko, memberikan pengarahan kepada para personil di satuannya untuk hati-hati dan bersikap bijak dalam menggunakan media sosial (medsos). Arahan itu disampaikannya pada saat memimpin apel pagi di lapangan apel Markas Koramil 06/Gemuh, Jumat (18/10).

“Sebagai aparat komando kewilayahan yang bertugas melaksanakan tugas pembinaan teritorial di wilayah, Babinsa harus cerdas memilih dan memilah serta lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Agar tidak ikut larut dan terjebak dalam pusaran arus negatif di dunia maya,” tegasnya.

Dalam menyikapi derasnya arus informasi dan perkembangan penggunaan medsos saat ini, Danramil menyampaikan ketentuan dan petunjuk pimpinan TNI AD kepada para Babinsa agar bijak dalam menggunakan medsos. Ketentuan itu, antara lain tidak memasang atau menyebarkan tulisan, gambar/foto maupun video yang tidak pantas untuk di tonton, apalagi dengan menggunakan seragam TNI AD, sehingga bisa merusak citra TNI. “Kondisi saat ini, di mana dengan masifnya pemberitaan, kebenaran media telah mengalahkan kebenaran yang sebenarnya,” ungkapnya.

Untuk itu, Danramil mengingatkan, Babinsa harus lebih hati-hati dan lebih bijak dalam bermedsos, sehingga tidak terjebak dalam lingkaran berita menyesatkan yang dapat memecah belah bangsa. Babinsa jangan ikut-ikutan mengunggah dan menmembagikan informasi, foto maupun video yang tidak sesuai dengan norma keprajuritan. Apalagi hanya untuk mencari popularitas yang tidak sesuai dengan cita-cita dan kejuangan yang diwariskan oleh pendahulu bangsa.

“Sebagai prajurit profesional, harus mampu mengikuti perkembangan teknologi informatika, khususnya dalam penggunaan medsos. Namun, semua itu harus bisa digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok,” pungkasnya.

Penekanan tentang penggunaan medsos itu diharapkan agar Babinsa sebagai ujung tombak pembinaan teritorial tidak terjerumus dan terbawa arus di era teknologi informatika. Selain itu juga mampu menjadi pembina kewilayahan yang mampu meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat. (lid)