Radar Pendidikan

Batang Bakal Launching Sekolah Karakter

Rakhmat N Fadilah, Kepala Disdikbud Batang

Rakhmat N Fadilah, Kepala Disdikbud Batang

BATANG – Serangkaian program digencarkan Pemkab Batang untuk menyambut Visit Batang 2022, Heaven of Asia. Tak mau ketinggalan, Disdikbud Batang turut berpartisipasi dengan membumikan sekolah karakter. Sekolah karakter ini rencananya bakal dilaunching bertepatan dengan hari ibu 22 Desember mendatang.

“Memang secara langsung kami tidak berperan dalam Visit Batang 2022. Karena itu lebih ke ranah pariwisata. Tapi kami ingin memberikan kontribusi pada Batang khususnya untuk membentuk generasi yang siap menghadapi Visit Batang 2022,” terang Kepala Disdikbud Batang, Rakhmat N Fadilah saat diwawancarai, Jumat (15/12).

Dijelaskan, sekolah karakter sendiri sebenarnya merupakan implementasi dari kurikulum 2013. Yang diharapkan dapat menjadi penguatan kembali karakter yang selama ini makin tergerus modernisasi.

Rakhmat berharap, pendidikan karakter ini dapat menjadi pondasi bagi generasi Batang untuk memperkuat karakter mereka. Sehingga ketika nantinya mereka lebih siap menghadapi Visit Batang 2022 dan dampak ke depannya.

“Otomatis kalau program Visit Batang 2022 berhasil tentunya banyak orang asing yang akan ke sini. Kalau mereka tidak punya karakter yang kuat mereka bisa saja malah terjerumus dan meniru budaya luar yang kurang baik,” imbuhnya.

Dikatakan, karakter ini diharapkan dapat menjadi filter bagi generasi muda untuk membendung dampak-dampak tersebut. Selain itu, diharapkan karakter yang muncul dapat memberikan kesan keramahan yang dapat menjadikan wisatawan senang dan kembali ke Batang.

“Salah satu poin penting dalam promosi wisata adalah sikap ramah masyarakat sekitarnya. Nah sikap ramah inilah yang nantinya akan menjadi salah satu branding wisata kita ke daerah luar. Sehingga perlu kita tanamkan pendidikan karakter sedari dini, sehingga anak Batang terkenal akan karakternya yang kuat,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments