Semua Harus Berperan Menjaga Keamanan

by
RAKOR – Kesbangpol Kabupaten Kendal menggelar kegiatan Rakor terkait masalah Aktual berkaitan dengan Pelantikan Presiden, Pilkada dan Pilkades Kendal tahun 2020.

KENDAL – Kantor Kesbangpol menggelar Rakor Masalah Strategi dan Aktual dengan tema “ Peran masyarakat dalam menjaga kondusivitas wilayah jelang pelantikan Presiden, Pilkades Serentak, dan Pilkada 2020, Selasa (15/10), di ruang sidang Paripurna DPRD Kendal. Rakor tersebut sebagai bagian dari antisipasi atas situasi kamtibmas menjelang even-even politik dimaksud.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kendal Moh Toha ,Ketua DPRD Kendal HM Makmun, Dandim 0715 Kendal Letkol Inf Ginda Muhammad Ginanjar, Wakapolres Kendal Kompol Sumiarta, dan ratusan dari unsur Forkopincam, toga tomas, pemuda, pelajar dan mahasiswa , pimpinan ormas, KPU dan parpol serta jajaran Perwira Kodim serta Polres Kendal berikut intelnya.

Sekda Kendal, H Moh Toha menyampaikan, rakor tersebut digelar untuk mengantisipasi situasi menjelang sejumlah agenda politik nasional maupun lokal, mulai pelantikan presiden, hingga jelang pilkades dan pilkada 2020. “Kita tidak mau kecolongan dan selalu waspada, siap siaga mengantisipasi berbagai hal di luar dugaan,” terangnya.

Dia berharap, personel TNI-Polri dan semua pihak agar melaksanakan pengaman dengan baik. “Meskipun pelantikan dilakukan di Jakarta, untuk pengamanan di seluruh jajaran agar terus dilakukan khususnya di wilayah Kendal ini,” harapnya.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan tidak mudah terpancing dengan informasi yang beredar di ruang publik. Sebab, informasi yang salah dan yang tidak akurat bisa menimbulkan persoalan. “Jangan terprovokasi dan terhasut berita hoax yang tidak bertanggung jawab yang belum diketahui kebenarannya. Serta jangan ikut-ikutan melakukan tindakan yang melanggar hukum atau untuk mengikuti aksi demonstrasi. Ini tidak boleh terjadi di wilayah Kendal. Khususnya Pelajar itu tugasnya adalah belajar, maka serius dalam belajar demi meraih masa depan. Pelajar jangan sampai terprovokasi,“ pesannya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kendal, Marwoto menjelaskan, kegaiatan itu diselenggarakan dengan mengundang semua unsur masyarakat dengan tujuan untuk menyatukan visi misi guna menjaga suasana kondusif jelang pelantikan Presiden, pilkada hingga pilkades 2020. Dari semua yang hadir, dia yakin masing-masing berkomitmen menjaga keamanan daerah.

“Kami berharap semua pihak bersama-sama untuk mewujudkan Pilkada dan Pilkades 2020 di Kendal dengan damai, berbeda pilihan itu wajar tetapi menjaga keamanan dan ketentraman daerah adalah wajib,” harapnya.(fik)